alexametrics

Video Karyawan Pertamina Bukan Aksi Penolakan Ahok

27 November 2019, 05:21:50 WIB

JawaPos.com – Kabar palsu mengiringi penunjukan Basuki Tjahaja Purnama (BTP) sebagai komisaris utama PT Pertamina. Pembuat hoax menyebar video penyegelan ruang komisaris Pertamina oleh karyawan. Katanya, para karyawan itu tidak rela dipimpin seorang penista agama.

Jawa Pos menemukan video tersebut disebar akun Facebook Dhana Iswary Zaa. Sang pemilik akun juga menuliskan sedikit penjelasan tentang aksi para karyawan itu. ’’Seluruh pejabat, karyawan pertamina & umat islam tidak ridho jika perusahaan bumn pertamina dipimpin seorang ahok si penista agama.’’ Begitu penggalan narasi yang ditulis Dhana Iswary Zaa pada 20 November 2019. Posting-an itu juga dibagikan ulang oleh akun Jian Jona pada 23 November 2019.

Jika diperhatikan secara cermat, video tersebut sebenarnya tidak berkaitan dengan penolakan BTP alias Ahok. Beberapa tulisan nama yang terekam kamera dalam aksi itu adalah Arcandra Tahar, Tanri Abeng, dan Edwin Hidayat Abdullah. Saat ditelusuri, video itu ternyata rekaman peristiwa pada 2017.

Mengutip situs finance.detik.com, pada 1 Maret 2017 ruang kerja Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar di kantor pusat Pertamina disegel oleh Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB). Saat itu Arcandra adalah wakil komisaris utama PT Pertamina (Persero).

Penyebab penyegelan itu berkaitan dengan kisruh yang berujung pencopotan Dirut Pertamina Dwi Soetjipto dan Wakil Dirut Ahmad Bambang pada Februari 2017. Aksi tersebut berakhir setelah Dewan Komisaris Pertamina sepakat mengadakan dialog dengan para pekerja. Anda dapat membacanya di sini.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c19/fat



Close Ads