alexametrics

Salah Video Jalur Tiongkok-Pakistan

27 November 2019, 06:49:43 WIB

JawaPos.com – Video yang disebar pengelola halaman Facebook POLA-POtret LAbura (http://bit.ly/2rkujsL) kemarin (25/11) sangat menarik. Tampak beberapa kendaraan melintasi jalan layang yang menjulang tinggi. Beberapa ruas jembatan seperti membelah perbukitan. Semakin menarik lantaran video itu diberi keterangan sebagai jalan tol Tiongkok–Pakistan yang pembangunannya menewaskan 700 pekerja.

”Highway yg menghubungkan Tiongkok & Pakistan sepanjang 880 km disebut keajaiban dunia yg ke 8. Proyek ini telah menewaskan total 700 orang pekerja Pakistan & Tiongkok,” tulis akun tersebut pada 24 November 2019.

Namun, saat ditelusuri dengan situs padanan gambar, video serupa pernah diunggah kanal YouTube New China TV pada 2 Januari 2019. Video berdurasi 2 menit 8 detik itu diberi Judul, Amazing engineering: Stunning aerial view of Yaxi expressway in SW China.

Di kolom keterangan kanal itu tertulis nama jalan Yaxi Expressway, menghubungkan Ya’an dengan Xinchang di Provinsi Sichuan. Panjangnya 240 kilometer. Anda bisa melihat video itu di bit.ly/Bukan880km.

Situs pencari fakta asal India, boomlive, pernah mengulas video yang diklaim sebagai jalan bebas hambatan penghubung Tiongkok dan Pakistan. Mereka membubuhi informasi itu dengan label fake news. Sebab, video yang ditampilkan merupakan Jembatan Ganhaizi atau jembatan ”double-helix” di Tiongkok yang tidak menuju negara Pakistan.

Jembatan tersebut memiliki ketinggian 2.500 meter di atas permukaan laut. Panjangnya 1.811 meter, lebarnya 24,5 meter, dan memiliki 36 bentang jembatan. Anda dapat melihatnya di http://bit.ly/KlaimSalah.

Jalan yang menghubungkan Tiongkok dengan Pakistan memang ada. Tapi, penampakannya tidak sesuai dengan yang diunggah halaman Facebook POLA-POtret Labura. Jawa Pos menemukan video jalan penghubung Tiongkok–Pakistan pernah diunggah kanal YouTube BBC pada 30 Agustus 2017.

Jalan tersebut melintasi daratan yang sebagian besar berupa gurun. Nama jalannya adalah Karakoram, umumnya disebut sebagai Highway 35 atau N35. Panjangnya 1.300 kilometer. Anda dapat melihatnya di sini.

FAKTA

Video jembatan layang yang diunggah pengelola halaman Facebook POLA-POtret Labura bukan jalan penghubung Tiongkok–Pakistan. Melainkan jalan bebas hambatan Yaxi yang menghubungkan Ya’an ke Xinchang di Tiongkok.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c10/fat



Close Ads