alexametrics

Jubah Sebatas Hadiah, Tidak Sampai Pemberian Gelar ke Anies Baswedan

27 Oktober 2021, 05:48:29 WIB

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi salah seorang tokoh yang sering diserang kabar palsu. Misalnya, kabar yang diunggah akun Facebook Rial Nuari Siregar. Katanya, Anies Baswedan telah dianugerahi gelar amirul amanah atau pemimpin yang amanah oleh Kerajaan Arab Saudi.

”Dapat Gelar dari Saudi Arabia buat bang Anis Baswedan sebagai *” AMIRUL AMANAH”* atau *PEMIMPIN YANG AMANAH*.” Begitu tulisan yang melengkapi gambar tangkapan layar. Karena tak kroscek lebih lanjut, akun itu pun memercayai informasi tersebut. ”Pemimpin yang amanah sudah dapat gelar dari Saudi Arabia, sosok yang adil dan beradab,” tulis akun tersebut pada Minggu (24/10).

Dalam capture tersebut, Anies tengah mengenakan jubah hitam dengan garis kuning keemasan. Anies diapit dua pria yang salah satunya menggunakan jubah putih dan berkacamata (bit.ly/DapatAnugerah).

Sejak awal, informasi itu tampak janggal. Sebab, saat ditelusuri ke akun Instagram milik gubernur DKI Jakarta itu, tidak ditemukan sedikit pun informasi gelar tersebut dalam waktu dekat ini. Penelusuran lainnya, Anies tidak mendapatkan gelar seperti informasi yang dikabarkan akun Facebook Rial Nuari Siregar. Ternyata dia mendapat jubah itu dari President of the Holy Quran Councils Al Syekh Muafaq bin Kadasa Al Ghamdi di Kota Jeddah pada Kamis, 7 September 2017, atau empat tahun lalu.

Tak ada penjelasan resmi bahwa situasi tersebut merupakan pemberian gelar sebagai pemimpin yang amanah. Saat itu Syekh Muafaq memberikan jubah secara langsung kepada Anies dalam jamuan makan malam untuk jamaah haji dari Asia dan Afrika.

Nah, setelah memberikan ceramah dalam acara tersebut, Syekh Muafaq mengundang Anies ke depan, lalu mengenakan jubah yang merupakan pakaian para syekh dan tokoh kerajaan.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c19/jun




Close Ads