alexametrics

Simulasi Pembajakan Dikira Sungguhan

27 Oktober 2019, 16:10:24 WIB

JawaPos.com – Kabar tentang pembajakan pesawat penumpang menyebar di Twitter beberapa hari lalu. Informasi yang dilengkapi video itu menyebutkan, pembajakan terjadi di Meksiko. ”A plane got hijacked with passengers in Mexico hope everyone is safe.” Begitu isi pesan yang diunggah akun Primo (@TheName_JH) pada 18 Oktober 2019.

Rekaman berdurasi 1 menit 31 detik itu seketika viral. Beberapa saat setelah diunggah, video tersebut langsung di-retweet lebih 34 ribu kali. Bahkan, lebih dari 63 ribu warganet memencet tombol like.

Peristiwa pembajakan pesawat itu seolah-oleh direkam secara sembunyi-sembunyi oleh seorang penumpang. Awalnya memperlihatkan penyekapan pramugari. Setelah itu, tampak lima pelaku yang memakai balaclava (penutup kepala) menodongkan senjata sembari berteriak dan membentak penumpang. Sang perekam juga beberapa kali nge-zoom ke arah pembajak.

Anehnya, seakan-akan orang yang merekam kejadian itu tidak ketahuan para pembajak. Padahal, beberapa adegan menunjukkan bahwa posisi keduanya berdekatan. Saat ditelusuri di mesin pencari, ternyata tidak satu pun media internasional yang memberitakan kejadian itu. Keanehan lain, senjata yang digunakan pembajak cuma senapan angin.

Memanfaatkan situs YouTube DataViewer, video serupa ternyata pernah diunggah pemilik kanal berbahasa Spanyol, VANGUARDIA MX, pada 7 Oktober 2019. Setelah diartikan, judul itu berbunyi: Penjahat telah menculik pesawat Interjet! bahwa itu hanya rangkaian latihan.

Dalam keterangannya, kanal Vanguardia mengungkapkan, video itu menuai beragam tanggapan dan kontroversi di jejaring sosial. Tidak sedikit pengguna medsos yang berpikir bahwa aksi pembajakan itu nyata. Sampai akhirnya pihak maskapai membuat klarifikasi bahwa kejadian tersebut hanya latihan. Anda bisa melihat video dan keterangan media Vanguardia di bit.ly/HanyaLatihan.

Maskapai penerbangan Interjet yang berbasis di Toluca, Meksiko, juga langsung memberikan klarifikasi melalui akun resminya. Pihak maskapai menyebutkan, latihan dengan skala nyata itu berlangsung pada Sabtu, 5 Oktober 2019, di Bandara Ciudad del Carmen.

”Itu adalah simulasi skala nyata. Kami berpartisipasi bersama tiga otoritas di tingkat pemerintahan. Tujuannya, mengimplementasikan protokol dalam penyelamatan penumpang di sebuah pesawat,” bunyi klarifikasi Interjet. Anda dapat membacanya di bit.ly/LatihanSkalaNyata.

FAKTA

Video pembajakan pesawat yang diunggah akun Twitter Primo hanyalah simulasi skala nyata. Latihan itu diselenggarakan pada 5 Oktober 2019 di Bandara Ciudad del Carmen, Meksiko.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c11/fat



Close Ads