alexametrics

Hoax Aksi FKPPI Tolak RUU HIP di Monas

27 Juni 2020, 04:04:40 WIB

GELOMBANG penolakan terhadap RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) makin sering ditunggangi kabar palsu. Salah satunya menyebutkan, ormas Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) berkumpul di Monas apabila RUU HIP disahkan DPR.

”FKPPI dari Bandung sudah berkumpul di Monas. Siap siaga segala kemungkinan terjadi apabila RUU HIP disahkan oleh DPR. Revolusi jihad mati syahid atau hidup mulia, bela negara dari ancaman Komunisme..!” Begitu kabar yang diunggah akun Facebook Singa Islam pada 21 Juni lalu.

Informasi itu dilengkapi video barisan anggota FKPPI Jawa Barat yang berlari-lari kecil. Mereka membentuk parade mengelilingi Monas. Video serupa juga menyebar di YouTube dengan keterangan yang provokatif. Disebutkan bahwa ratusan anggota FKPPI Bandung unjuk kekuatan menolak dengan tegas RUU Haluan Ideologi Pancasila (bit.ly/UnjukKekuatan).

Bagi yang tahu kondisi Monas, kabar itu tentu saja sangat janggal. Sebab, kawasan Monas belum dibuka untuk umum. Apalagi saat video tersebut diunggah pada 21 Juni dengan narasi menolak RUU HIP. Saat itu, kawasan Monas masih direnovasi.

Saat ditelusuri menggunakan kata kunci FKPPI dan Monas, ternyata peristiwa dalam video itu terjadi pada 2017. LKBN Antara memberitakannya pada 9 Desember 2017 dengan judul, Presiden Jadi Inspektur Apel Kebangsaan FKPPI.

Disebutkan bahwa Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara pada apel kebangsaan kader bela negara Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) di Lapangan Silang Monas, Jakarta. Anda bisa melihatnya di bit.ly/Apel2017.

Gerakan menolak RUU HIP yang melibatkan massa memang sempat dilakukan pada Rabu (24/6). Aksi itu dilakukan Persaudaraan Alumni 212 di depan gedung DPR RI. Pimpinan DPR pun telah bersepakat untuk menghentikan pembahasan RUU yang dianggap kontroversial itu.

FAKTA

Video yang memperlihatkan ratusan anggota ormas FKPPI di Monas merupakan rekaman kegiatan apel akbar FKPPI se-Indonesia pada Desember 2017. Bukan aksi menolak RUU Haluan Ideologi Pancasila.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c7/fat



Close Ads