alexametrics

Sebut Tanggul Semarang Jebol, tapi Cantumkan Video Waduk di Texas

27 Mei 2022, 05:48:19 WIB

KABAR kawasan Semarang Utara yang terendam banjir rob telah menjadi perhatian publik. Hal itu pun tak luput dari pembuat hoax yang menyebar kegaduhan dengan menyematkan rekaman CCTV. Katanya, video itu memperlihatkan detik-detik ambrolnya tanggul di Semarang.

’’Detik* tanggul Semarang jebol,’’ begitu keterangan yang ditulis akun Facebook Yuli Anik pada Selasa (24/5). Rekaman video itu juga menyertakan keterangan tanggul Semarang jebol. ’’Detik-detik saat tanggul Semarang jebol,’’ bunyi keterangannya (bit.ly/TanggulJebolSemarang).

Video 30 detik itu memperlihatkan kolase dua situasi yang berbeda. Tampilan pertama menunjukkan rekaman CCTV dengan kondisi tanggul yang jebol. Modelnya mirip seperti tanggul sungai.

Sementara itu, tampilan kedua menunjukkan luapan air dan tak memperlihatkan kondisi tanggul yang jebol. Lokasinya tampak seperti di pesisir pantai. Berbeda dengan tampilan pertama yang identik dengan situasi aliran sungai.

Berdasar penelusuran, video tersebut sudah menyebar beberapa tahun lalu. Akun Twitter The Guadalupe-Blanco River Authority, @GBRATX, mengunggah video serupa pada 16 Mei 2019. Keterangan itu menyebut kejadian ambrolnya dinding penahan waduk di Danau Dunlap Guadalupe, dekat Kota New Braunfels di Guadalupe County, Texas, AS, pada 14 Mei.

Setelah kejadian tersebut, GBRA melakukan pembaruan berkala terkait masalah rekreasi, keselamatan, atau pasokan air. Hal itu menegaskan bahwa lokasi kejadian bukan di Semarang, dan jauh sebelum Semarang dilanda banjir rob pekan ini. Anda dapat melihatnya di bit.ly/WadukDiTexas.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c18/jun

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads