alexametrics

Yang Jatuh Helikopter Syria, Bukan Israel

27 Mei 2021, 05:48:02 WIB

HELIKOPTER milik Israel dikabarkan jatuh setelah terkena rudal pejuang Palestina. Kabar itu juga disertai video pendek dari sebuah kanal YouTube. Isinya memperlihatkan helikopter yang terbakar hebat di ketinggian, dan akhirnya jatuh.

’’Palestina Tembak Jatuh Helikopter Israel dengan Rudal.’’ Demikian judul video dari YouTube yang diunggah akun Facebook FA di sebuah grup pada 17 Mei 2021 (bit.ly/HelikopterIsrael)

Kanal YouTube Hamdan Official yang mengunggah rekaman berdurasi 1 menit 20 detik itu menjelaskan bahwa helikopter yang jatuh karena rudal tersebut mengangkut lima perwira Israel. Namun, jika mengikuti perkembangan konflik pendudukan Israel terhadap permukiman Palestina beberapa hari terakhir, tidak ada satu pun berita resmi tentang jatuhnya helikopter Israel.

Penelusuran dengan Amnesty International YouTube DataViewer mengarahkan Jawa Pos pada kanal YouTube The Telegraph. Kanal itu mengunggah video yang sama pada 11 Februari 2020 dengan judul Syrian Helicopter Shot Down by Rebels in Idlib. Video tersebut menunjukkan helikopter angkatan udara Syria yang diserang milisi di daerah Nayrab, sebelah timur Idlib, dengan rudal darat ke udara yang diduga telah dipasok Turki dalam beberapa hari terakhir.

Lebih lanjut, Turki yang telah mendukung dan mempersenjatai oposisi mengirim pasukannya sendiri dengan tank dan persenjataan berat selama akhir pekan sebagai tanggapan atas penembakan rezim Syria terhadap titik-titik pengamatannya. Anda dapat melihatnya di bit.ly/HelikopterSyria.

Portal berita Northwest Arkansas juga mengulas jatuhnya helikopter Syria itu. Berita yang terbit pada 12 Februari 2020 tersebut menjelaskan bahwa pilot dan orang lain di dalam helikopter itu tewas. Aktivis oposisi juga melaporkan, hanya ada dua awak di dalam pesawat.

Editor : Dhimas Ginanjar

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads