alexametrics

Edit Foto Pergelangan Tangan Habib Rizieq Shihab Jadi Lebam

27 Maret 2021, 05:48:00 WIB

KABAR palsu yang menunggangi polemik sidang virtual Rizieq Syihab masih bermunculan. Kali ini, beredar foto pergelangan Rizieq yang tampak memerah. Katanya, pergelangan tangan itu lebam setelah diseret petugas ke ruangan yang disiapkan untuk sidang virtual.

’’GEMPAR!!! TANGAN HABIB RIZIEK DIPELINTIR UNTUK MENGHADIRI PERSIDANGAN HINGGA TERKILIR DAN LEBAM.’’ Demikian judul video yang ditulis kanal YouTube Titik Tumpu. Video tersebut diunggah pada 19 Maret 2021 dengan thumbnail foto pergelangan tangan Rizieq yang lebam kemerahan (bit.do/TangannyaLebam).

Faktanya, pergelangan tangan yang lebam itu adalah hasil rekayasa digital. Foto itu juga bukan kondisi Rizieq setelah mengikuti sidang kasus kerumunan massa yang menjeratnya. Versi asli foto tersebut pernah diunggah portal berita megapolitan.okezone.com pada 12 Desember 2020. Diabadikan Ari Sandita, foto itu melengkapi berita tentang kesiapan Rizieq menjalani pemeriksaan dengan mengacungkan jempol tangannya. Sama sekali tidak ada lebam di pergelangan tangan Rizieq.

Diberitakan, Rizieq datang ke Polda Metro Jaya pada 12 Desember 2020 pukul 10.26 WIB. Dia hendak diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan pelanggaran karantina kesehatan dan atas hajatan anaknya di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Anda dapat melihatnya di bit.do/FotoAsli.

Perkembangan terakhir sidang kasus tersebut, majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur mengabulkan permohonan terdakwa Muhammad Rizieq Syihab (MRS) untuk menjalani sidang secara offline. Kabid Pengawasan Hakim dan Investigasi KY Sukma Violetta mengatakan, pihaknya akan memantau sidang perkara MRS agar berjalan tertib dan lancar.

’’Kami berharap semua pihak beperkara, yaitu hakim, jaksa, terdakwa, dan kuasa hukum, berpegang teguh pada peraturan perundang-undangan yang berlaku serta menjaga kewibawaan hukum,’’ tuturnya. Anda dapat membacanya di bit.do/SidangOffline.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c18/fat




Close Ads