alexametrics

Video Demonstrasi Iraq 2019 Tidak Terkait dengan Vaksin Covid-19

27 Januari 2022, 05:48:11 WIB

KABAR sesat soal vaksin masih banyak ditemukan di media sosial. Kali ini menyebar tangkapan gambar dan rekaman amatir. Katanya, bagian mata dan hidung demonstran mengeluarkan asap lantaran tertanam nano chip yang bersumber dari vaksin.

”Beberapa demonstran di Israel yg menentang kebijakan Presiden tiba² di kepalannya mengeluarkan asap putih dari hidung, mulut, mata dan telinga karena di dalam tubuhnya sdh tertanam NANO CHIP yg apabila bertabrakan dgn gelombang frequensi jaringan 5G maka reaksinya akan sepaerti ini,’’ begitu keterangan capture akun Facebook Apriandi pada 15 Januari 2022.

Informasi lanjutan menyebut bahwa ukuran implant chip sebesar biji beras. Sementara itu, nano chip berukuran sehelai rambut dibelah 1.000. ”dan Nano Chip ada terkandung di dalam Vaksin,’’ begitu keterangan lanjutan dari tangkapan gambar tersebut (bit.ly/KeluarAsapChip).

Video berdurasi enam detik itu memang memperlihatkan situasi yang riuh. Mirip demonstrasi. Sekilas, kepala pria memang menunjukkan asap putih. Berdasar penelusuran, video itu beredar di medsos sejak Oktober 2019. Salah satu yang mengunggah video tersebut adalah akun Twitter @BaghdadPostPlus pada 27 Oktober 2020.

”Saat tabung gas air mata membakar mata seorang pengunjuk rasa,’’ begitu keterangan akun tersebut. Unggahan Twitter itu menyertakan beberapa tagar, di antaranya #Iraq, #iraqProtests, dan #Baghdadprotests. Anda dapat melihatnya di bit.ly/DemonstranIrak.

Kanal YouTube NBC News juga mengulas insiden tersebut. Video diberi judul Pengunjuk Rasa Iraq Meninggal dengan Tabung Gas Air Mata Mencapai Tengkorak. Menit ke-2.55 memperlihatkan scan kepala dengan tabung gas air mata. Anda dapat melihatnya di bit.ly/TengkorakGasAirMata.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c6/jun

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads