alexametrics

Promosi Penurun Berat Badan Comot Foto Sembarangan

26 November 2021, 05:48:46 WIB

KEKELIRUAN berulang diunggah akun di Facebook untuk mempromosikan produk penurun berat badan. Foto dan narasi yang ditampilkan ternyata tidak berhubungan sama sekali dengan berat badan.

’’Pelajar Ajaib Memperoleh Penghargaan Nasional Tertinggi Atas Penemuan Metode Penurunan Berat Badan 15 Kilogram dalam seminggu Tanpa Kimia, Kelaparan, dan Olahraga,’’ begitu tulisan yang menyertai foto perempuan dan laki-laki.

Foto tersebut diunggah akun Facebook Kalemwae_ pada 4 November 2021. Menurut akun itu, peraih penghargaan tertinggi adalah Rina Kusumastuti, mahasiswi asal Indonesia yang berhasil menemukan formula unik. Katanya, cara itu dapat dilakukan dengan mencoba obat yang dia cantumkan berupa link akun (bit.ly/PelajarAjaib).

Saat ditelusuri, akun Kalemwae_ itu telah mengunggah narasi yang sama, tapi dengan foto berbeda. Misalnya, posting-an 17 Juni 2021 yang mengunggah foto empat orang memegang bendera Merah Putih (bit.ly/MetodePenurunBB).

Tentu informasi tersebut menyesatkan. Dia menggunakan keterangan yang tidak sesuai dengan fakta serta memanfaatkannya untuk memperoleh keuntungan semata.

Saat ditelusuri, foto perempuan memegang mik seperti sedang presentasi itu tidak berkaitan dengan metode penurun berat badan. Foto tersebut diunggah di situs Malaysia, ucyp.edu.my.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c7/jun




Close Ads