alexametrics

Kabarkan Demo RUU HIP Pakai Video 2016

26 Juni 2020, 04:04:37 WIB

RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) sedang menjadi sorotan banyak pihak, khususnya umat Islam. Kondisi itu malah dimanfaatkan produsen hoax untuk membuat kabar palsu. Salah satunya berupa video aksi demo besar-besaran menolak RUU HIP di kawasan Monas, Jakarta. Disebutkan juga, aksi demo itu sama sekali tidak disiarkan media massa.

”Luput dari pantauan media MONAS MENJADI LORENG TOLAK & CABUT RUU HIP !!!,” tulis akun Facebook OVie Chaniago pada 22 Juni 2020. Lucu juga, mengklaim tidak disiarkan media massa, tapi di video aksi demo itu terdapat watermark BBC Indonesia.

Kabar aksi demo besar-besaran menolak RUU HIP di kawasan Monas tersebut tentu sangat janggal. Sebab, hingga kemarin (24/6) kawasan Monas belum dibuka untuk umum. Apalagi untuk aksi demo yang melibatkan banyak orang dan berpotensi meningkatkan penularan Covid-19.

Memanfaatkan situs padanan gambar, video yang diunggah akun OVie Chaniago itu ternyata rekaman lawas. Kanal YouTube milik BBC News Indonesia pernah mengunggahnya pada 3 Juni 2016. Judulnya Liberal = PKI, Kata Peserta Demo Anti-PKI.

Pada kolom keterangan disebutkan, sekitar 1.500 orang yang tergabung dari beberapa ormas besar di Indonesia terlibat dalam aksi itu. Mereka menyerukan penolakan atas kebangkitan komunisme dan PKI.

”Gabungan massa yang terdiri dari Front Pembela Islam (FPI), FKPPI, Pemuda Pancasila (PP), Forum Umat Islam (FUI) berjalan dari Masjid Istiqlal menuju Istana Negara untuk menggelar aksi menolak komunisme dan Partai Komunis Indonesia,” bunyi keterangannya. Anda bisa melihatnya di bit.ly/AksiJuni2016.

Kebetulan, sejumlah ormas memang menggelar aksi protes untuk menolak RUU HIP itu kemarin. Namun, aksi dilakukan di depan gedung DPR RI. Aksi tersebut diberitakan jawapos.com dengan judul Tolak RUU HIP, Ratusan Massa PA 212 Gelar Aksi di Depan Gedung DPR. Mereka mendesak DPR segera mencabut RUU HIP dari program legislasi nasional (prolegnas). Sebab, RUU itu mengancam Pancasila.

”Kita menolak RUU yang mengganti Pancasila menjadi ekasila,” kata orator dari mobil komando di gerbang utama kompleks parlemen Senayan, Jakarta, kemarin. Selengkapnya, Anda dapat membacanya di bit.ly/AksiDiDPR.

FAKTA

Video yang diunggah akun Facebook OVie Chaniago merupakan rekaman aksi demo pada 3 Juni 2016. Mereka menyerukan penolakan terhadap kebangkitan komunisme dan PKI.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/fat



Close Ads