JawaPos Radar

BNPB Pastikan Foto KM Sinar Bangun di Dasar Danau Hoaks

26/06/2018, 22:40 WIB | Editor: Budi Warsito
BNPB Pastikan Foto KM Sinar Bangun di Dasar Danau Hoaks
Foto diduga KM Sinar bangun yang tersebar di media sosial. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Pasca tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut), muncul beragam kabar bohong alias hoaks. Salah satunya adalah, foto soal ditemukannya bangkai kapal yang menewaskan ratusan orang ini di dasar danau.

Foto ini dengan cepat menyebar di media sosial. Mulai dari Instagram hingga grup WhatsApp. Penemuan bangkai kapal lengkap dengan fotonya ini, segera ditepis oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho.

"Foto yang tersebar itu hoaks. Tidak mungkin bisa foto di kedalaman 490 meter," kata Sutopo, kepada wartawan, Selasa (26/6).

Sutopo menambahkan, kegelapan di perairan dalam semakin bertambah seiring kedalaman laut atau danau. Hingga didominasi kegelapan pekat yang dimulai dari kedalaman lebih dari 200 meter.

Pada kedalaman ini, dimulai penurunan suhu yang memisahkan antara air permukaan yang hangat dan air kedalaman yang dingin. Selain itu, pada kedalaman ini terdapat gelombang dalam yang menutupi air dingin di kedalaman laut atau danau.

"Lalu cahaya tidak ada sama sekali pada kedalaman lebih dari seribu meter," beber dia.

Laki-laki asal Purwokerto ini menambahkan, untuk foto yang tersebar di media sosial, secara logika tidak mungkin difoto. Karena kondisi dasar danau gelap gulita. Alat yang dipakai tim SAR gabungan dan penyelam tidak ada yang dapat menjangkau sampai dasar Danau Toba. Pasalnya, berada di kedalaman 500 an meter.

"Logika saja tidak mungkin. Jadi begitu terima foto pakailah logika apakah masuk akal atau tidak sehingga tidak menambah hoaks," tandas dia.

Sutopo menambahkan, dasar Danau Toba adalah sekitar 530 meter. Bukan 1.600 meter. Pasalnya, ketika alat pendeteksi kedalaman, tertulis 1.600. Yang digunakan adalah satuan feet. Satu meter adalah sekitar tiga feet.

"Ini yang media sering salah," tandas dia.

(tik/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up