alexametrics

Kabar Duka Ibu Jokowi Meninggal Benar, Tapi Fotonya Ngawur

26 Maret 2020, 15:48:40 WIB

KABAR meninggalnya ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomiharjo, bertebaran di media sosial (medsos). Namun, sangat banyak di antara kabar duka tersebut yang dilengkapi foto keliru. Contohnya, di aplikasi WhatsApp dan Facebook yang melengkapi kabar duka tersebut dengan foto Presiden Jokowi bersama istrinya sedang duduk di hadapan sesosok jenazah.

Di Facebook, tampilan kabar duka dengan foto keliru semacam itu diunggah akun Roidi kemarin (25/3). Tampak mantan gubernur DKI Jakarta tersebut hanya mengenakan kaus putih dan songkok hitam. Begitu pun Iriana yang hanya memakai kaus putih tanpa kerudung.

Setelah ditelusuri, foto yang sama pernah diunggah situs Kantor Staf Presiden, ksp.go.id. Foto itu diunggah untuk melengkapi ulasan mengenang 100 hari meninggalnya Muhammad Yamin. Dia adalah tokoh relawan Jokowi.

Ulasan yang terbit pada 28 Mei 2019 tersebut ditulis Eko Sulistyo yang saat itu menjabat deputi IV kepala staf kepresidenan bidang komunikasi politik dan diseminasi informasi. Anda dapat membacanya di bit.ly/FotoLawas2019.

Jawapos.com juga pernah mengunggah foto tersebut pada 27 Maret 2019 dengan judul Dedengkot Relawan Jokowi Meninggal, TKN Gelar Doa dan Tahlil. Berita itu memuat kabar tentang para pendukung Jokowi yang mengadakan pengajian dan tahlil bersama atas wafatnya Muhammad Yamin.

Muhammad Yamin dikenal sebagai tokoh aktivis pejuang demokrasi, pemimpin relawan, ketua umum Seknas Jokowi, dan wakil direktur Relawan TKN Jokowi-Amin. Yamin wafat pada Jumat, 22 Maret 2019, dalam perjalanan kampanye Jokowi-Amin di Jogjakarta.

Selain Presiden Jokowi, sejumlah tokoh juga hadir untuk memberi penghormatan. Di antaranya, Puan Maharani, Tjahjo Kumolo, Pramono Anung, Sidarto Danusubroto, dan mantan Ketua MK Moh. Mahfud MD. Ribuan relawan, aktivis prodemokrasi, dan masyarakat umum mengiringi jenazah hingga ke pemakaman. Anda bisa membacanya di bit.ly/NyelawatMYamin.

FAKTA

Ibunda Presiden Jokowi memang meninggal kemarin (25/3) pukul 16.45. Namun, foto yang diunggah akun Facebook Roidi adalah M. Yamin, ketua umum Seknas Jokowi sekaligus wakil direktur Relawan TKN Jokowi-Amin, yang meninggal pada 22 Maret 2019.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c14/fat



Close Ads