alexametrics

Foto Lama di Turki Diberi Keterangan Tidak Sesuai

25 November 2021, 05:48:24 WIB

MENCOMOT foto dan memberikan keterangan yang tidak tepat kerap ditemukan di media sosial. Dampaknya, terjadi disinformasi. Misalnya, lima foto tangkapan layar yang dibagikan akun Facebook. Narasi foto tersebut terkait kebakaran hutan, salat minta hujan, dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

”MasyaAllah Allahu Akbar,’’ tulis akun Facebook ZQ HK yang membagikan lima foto tersebut pada 20 November 2021. Dua foto dengan suasana hujan, satu foto orang sedang duduk, foto Presiden Erdogan, dan satu foto kebakaran. Masing-masing foto diberi narasi yang saling berhubungan. Keterangan gambar itu menyebut pada Agustus 2021, Turki dilanda kebakaran hutan. Lalu, Presiden Erdogan memerintahkan salat Istisqa atau salat minta hujan. Tak berselang lama usai salat, jamaah langsung diguyur hujan yang sangat deras (bit.ly/SalatMintaHujan).

Dari hasil penelusuran, kebakaran hebat memang sempat terjadi di Turki pada Agustus 2021. Beberapa media arus utama menyebut kebakaran hutan hebat itu diklaim sebagai bencana terburuk sepanjang sejarah Turki. Namun, foto yang ditampilkan tidak tepat. Begitu pula, foto warga yang salat di bawah guyuran hujan itu ternyata beredar sejak 2020. Salah satunya diunggah di Twitter CNN Turki pada 19 Juni 2020.

’’Dengan dibukanya kembali masjid-masjid yang ditutup untuk ibadah massal pada 16 Maret, shalat Jumat keempat diadakan di banyak bagian negara di bawah hujan lebat,’’ begitu keterangan akun tersebut. Tidak ada penjelasan yang menyebut salat itu merupakan salat Istisqa di tengah kebakaran hutan. Anda dapat membacanya di bit.ly/Salat2020.

Penelusuran lainnya, portal berita berbahasa Turki habervitrini.com mengunggah banyak foto saat salat Jumat di tengah guyuran hujan. Ulasan yang terbit pada 19 Juni 2020 itu berjudul, Salat Jumat di Bawah Hujan di Masjid Hacı Bayram-ı Veli di Ankara.

Ulasan itu menyebutkan bahwa salat Jumat di Ankara tetap dilakukan sesuai protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan virus korona. Ibadah salat jamaah itu dilakukan lagi setelah Turki menutup masjid sejak 16 Maret 2020. Sejak pelonggaran dan dibukanya masjid untuk ibadah, masjid-masjid di Ankara penuh sesak. Hingga jamaah salat Jumat pun meluber ke halaman masjid yang membuat sebagian jamaah diguyur hujan. Tentu tak ada penjelasan resmi yang menyebut salat dilakukan untuk meminta hujan pada Agustus 2021. Anda dapat membacanya di bit.ly/SetelahMasjidDibuka

FAKTA

Foto salat berjamaah disertai hujan di Turki itu terjadi setelah pelonggaran pada masa pandemi Covid-19, Juni 2020. Tidak terkait dengan salat minta hujan dan kebakaran hutan.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c6/jun




Close Ads