alexametrics

Lantunan Salawat di Bosnia Tapi Disebut di Amerika

25 November 2019, 21:30:53 WIB

JawaPos.com – Hoax yang satu ini memanfaatkan momen Maulid Nabi Muhammad untuk mendulang viewers dan subscribers dari pengguna YouTube. Bentuknya berupa video yang diberi keterangan bahwa Maulid Nabi menggema di Amerika. Di dalam video tersebut, tampak sejumlah pria berjas dan berdasi melantunkan salawat bersama-sama.

Jawa Pos menemukan kabar itu disebar akun Twitter Martinho Ngola (bit.ly/MaulidDiAmerika) pada 22 November 2019. Martinho juga menyertakan link kanal YouTube Generasi Muda Singkil. Isinya, video lantunan salawat yang diklaim dilakukan di Amerika.

Sayangnya, keterangan dalam video itu sangat minim. Resolusinya juga kecil sehingga wajah-wajah para pelantun salawat tidak terlalu jelas.

Memanfaatkan situs YouTube DataViewer dari Amnesty International, video lantunan salawat badar itu ternyata diambil di Sarajevo, ibu kota Bosnia-Herzegovina.

Video yang sama tetapi dengan resolusi yang lebih tinggi pernah diunggah kanal YouTube Mirza EMirzade Ganic pada 7 November 2014. Unggahan tersebut diberi judul Taleal bedru alejna – Hor Gazi Husrev-begove medrese. Salawat itu dilantunkan paduan suara sekolah menengah Islam Gazi Husrev di masjid Gazi Husrev, Bosnia-Herzegovina. Anda dapat melihatnya di bit.ly/DiSarajevo.

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c14/fat



Close Ads