alexametrics

Hoax Gangguan Jaringan Internet se-Indonesia Akibat Peretasan

25 September 2021, 05:48:27 WIB

KABAR palsu tentang gangguan jaringan internet makin liar. Kali ini muncul informasi bahwa telah terjadi gangguan massal jaringan internet se-Indonesia. Tidak hanya menimpa Telkomsel dan Indihome, tapi juga dialami XL, Telkom, dan Indosat akibat peretasan.

”Sedikit informasi saat ini (mulai td malam) lagi ada gangguan masal se indonesia jagat raya, jaringan wifi indihome dr telkom dan xl jaringan telkomsel, XL, indosat, dikarenakan provider yg ada diindonesia lg kena hack. nek ngonmu signale yo mendrip2 berarti kita podo demikian wasalam,” tulis akun Facebook Yulia Juhela pada 20 September 2021 (bit.ly/JaringanDiHack).

Tentu saja kabar yang disebar akun tersebut tidak terbukti. Jaringan milik sebagian provider yang disebut mengalami gangguan massal se-Indonesia ternyata baik-baik saja sejak 20 September hingga kemarin. Sejak hari itu juga tidak ada penjelasan resmi aktivitas peretasan yang mengakibatkan gangguan jaringan internet berbagai provider di Indonesia.

Sementara itu, Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin telah memberikan penjelasan melalui berbagai media bahwa gangguan jaringan yang terjadi beberapa waktu lalu akibat masalah pada kabel bawah laut. Gangguan jaringan Telkomsel tersebut dialami di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Gangguan juga telah teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

Pada 23 September 2021 Telkomsel mengunggah penjelasan lanjutan melalui akun resmi mereka di Instagram. Isinya menyebutkan bahwa akses layanan internet Telkomsel di seluruh wilayah yang terdampak gangguan telah pulih dan dapat diakses dengan normal.

”Percepatan pemulihan yang dilakukan merupakan wujud komitmen Telkomsel bersama Telkom Group dan seluruh pihak yang berkepentingan dalam memastikan pemenuhan kenyamanan pelanggan,” bunyi keterangan lanjutannya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/fat

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads