alexametrics

Foto Pelajar Hindari Presiden, Padahal Sembunyi untuk Simulasi Bencana

25 September 2019, 16:14:46 WIB

JawaPos.com – Akun Instagram Sekretariat Kabinet RI pernah mengunggah foto Presiden Jokowi mengunjungi sebuah sekolah dasar (SD). Tampak Jokowi berdiri menghadap siswa dan siswi di dalam kelas. Pada saat bersamaan, para pelajar itu terlihat bersembunyi di bawah meja.

Produsen hoax langsung mencomot foto tersebut untuk menyebar hasutan. Katanya, para pelajar di Riau menolak bertemu dengan Jokowi. ”Anak SD di Riau saja tau, bahwa yg datang itu siapa?? Murid murid pun tak mau bertemu sama penguasa!! Ngumpet aja yuk,” tulis pemilik akun Facebook Amirullah bin Abdullah Manaf (fb.com/mhdmirullah.binabdullah) pada 22 September lalu.

Faktanya, itu bukan foto tentang kunjungan Jokowi di Riau. Melainkan kegiatan presiden meninjau sosialisasi program tanggap bencana masuk sekolah di SD Negeri Panimbang Jaya 1 Pandeglang, Banten, pada 18 Februari 2019. Para siswa menunjukkan simulasi menghadapi bencana dengan masuk ke kolong meja.

Selain meninjau simulasi, Jokowi memimpin apel siaga bencana di Lapangan Cikadu Indah, Desa Tanjung Jaya, Panimbang, Pandeglang. Anda dapat membacanya di bit.ly/KunjunganPandeglang.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c9/fat



Close Ads