alexametrics

Sudah Ada Klarifikasi, Masih Saja Disebar

TNI-Polri Dibenturkan
25 Juni 2019, 00:07:03 WIB

JawaPos.com – Informasi palsu yang membenturkan TNI dengan Polri kembali muncul. Disebutkan, ada upaya melemahkan posisi TNI yang dilakukan personel Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN). Bentuknya berupa transkrip percakapan antara Kabaintelkam Polri dan kepala BIN.

Percakapan itu membahas dua anggota BIN dari unsur TNI yang berada di KPU. Disebutkan juga bahwa Kepala BIN Jenderal Pol (purn) Budi Gunawan mengaku mampu mengendalikan anggota BIN dari TNI. Salah satu yang menyebarkan pesan tersebut adalah pemilik akun Sutan Rajo Batuah (fb.com/arman.gusti.77) pada 23 Juni 2019.

“Kepada Yth : Kabais. CC :Direktur D. Dari : Dansatgas Waspada BAIS TNI. Perihal :Mobilitas personel BIN dan upaya pendeskreditan netralitas TNI oleh Polri dan BIN.” Demikian bunyi pengantar pesan berantai itu.

Pusat Penerangan (Puspen) TNI pun menepis informasi palsu tersebut. Melalui akun fan page Facebook resminya, Puspen TNI mengatakan bahwa informasi itu adalah hoax. ‘‘Assalamualaikum. Selamat pagi sobat Puspen. Mimin mau ngasih tau, kalo mendapat informasi, pesan, atau broadcast seperti di bawah ini, itu bisa dipastikan HOAX ya. Tidak benar informasinya,” tulis akun itu pada 20 Juni 2019. Anda dapat melihat posting-an tersebut di bit.ly/HoaxDiskreditTNI.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (zam/c18/fat)