alexametrics

Ini Video Ledakan di Syria, Bukan di Palestina

25 Mei 2021, 05:48:28 WIB

KABAR mengejutkan kembali beredar di media sosial beberapa hari terakhir. Informasi itu disertai video yang memperlihatkan ledakan besar di sebuah masjid yang sedang mengumandangkan azan. Katanya, masjid itu berada di Palestina dan meledak akibat serangan dari tentara Israel.

”Salah Satu masjid di Palestina dibom yahudi sewaktu azan,” begitu tulisan yang menyertai video berdurasi 17 detik itu. Video tersebut kemudian disebarkan oleh sejumlah pengguna media sosial. Salah satunya pemilik akun Facebook Nurman Hsb pada 20 Mei 2021 (bit.ly/MasjidPalestina).

Video itu memang memperlihatkan masjid yang sedang mengumandangkan azan. Beberapa saat kemudian, masjid itu meledak seperti dihantam rudal. Seketika, azan yang berkumandang pun terhenti.

Namun, ada keanehan jika peristiwa itu disebut terjadi di Palestina. Sebab, menjelang ledakan, di sudut kiri atas video tiba-tiba muncul bendera berwarna dasar hitam dengan simbol yang biasa digunakan Negara Islam Iraq dan Syam (ISIS).

Saat dilakukan penelusuran, video yang sama pernah diunggah situs berita Iran, fa.abna24.com. Ulasan yang menyertainya diberi judul, Momen penghancuran kuil Ammar Yasser dan Owais Qarni di Suriah. Tidak jelas kapan pengeboman itu terjadi. Namun, keterangan awal menyebutkan bahwa masjid tersebut berada di Syria.

Sementara itu, portal berita military.com mengulas video tersebut pada 30 Juli 2014 dengan judul, ISIS Juga Menghancurkan Tempat Keagamaan Syiah di Irak. Disebutkan juga bahwa para militan Takfiri dari ISIS menghancurkan dua situs keagamaan Syiah lainnya yang terletak di utara kota terbesar kedua di Iraq, Mosul.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c6/fat

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads