alexametrics

Hoax Petugas yang Membawa Rizieq ke Persidangan Online Langsung Sakit

25 Maret 2021, 05:48:32 WIB

KABAR palsu yang menumpang polemik sidang virtual Rizieq Syihab masih bermunculan. Kali ini, beredar kabar bahwa petugas yang memaksa dan membawa Rizieq ke tempat persidangan online langsung sakit. Kabar itu dilengkapi capture video seseorang yang memegang tangan Rizieq di ruangan sidang, plus inset foto wajah untuk memperjelas identitas petugas yang membawa Rizieq

”Alhamdulillah akhirnya di bayar TUNTAS. Semoga 7 turunan dari kalen yg telah menZHALIMI ayahanda terkena keRUSAKAN OTAK permanen yg kaga akan bisa di sembuhkan,” begitu potongan narasi yang dibagikan ulang akun Facebook Fitrah pada 21 Maret lalu (bit.do/JatuhSakit).

Capture video itu diambil dari kanal YouTube milik Titik Tumpu. Awalnya memperlihatkan Rizieq Syihab dibawa ke ruangan yang akan digunakan untuk persidangan online atas kasus yang dia hadapi. Rizieq dibawa pria berbaju kotak-kotak yang mengenakan masker.

Lalu, pembuat video menyisipkan foto wajah pria berbaju hijau yang diklaim sebagai wajah petugas tersebut. Selanjutnya, video beralih ke pengakuan pria berbaju hijau yang sedang terbaring di rumah sakit. Dia merasakan pusing dan lemas.

Saat dilakukan penelusuran, pria berkaus hijau itu ternyata bukan petugas yang membawa Rizieq Syihab. Dia adalah anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di Medan Timur yang sakit saat melaksanakan rekapitukasi hasil pemungutan suara pada Pemilu 2019. Video pengakuan itu pernah diunggah kanal YouTube Panwaslih Medan Timur pada 26 Desember 2019 dengan judul Komisioner Panwaslih Medan Timur Jalani Rawat Inap.

Pria itu bernama Soegeng Afriadi, koordinator divisi penanganan di Kecamatan Medan Timur. Dia mengatakan, karena sudah tidak enak badan saat rekapitulasi hasil suara, akhirnya dia dirawat di RS Sufina Aziz Medan, Sumatra Utara. Anda dapat melihat video tersebut di bit.do/PetugasKPPSMedan.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c13/fat




Close Ads