alexametrics

Hoaks Foto PM Italia Menangis karena Virus Korona

25 Maret 2020, 16:16:17 WIB

JawaPos.com – Potongan gambar yang memperlihatkan seorang pemimpin negara menangis menyebar di sebuah status WhatsApp kemarin (24/3). Narasi yang menyertainya sengaja dibuat untuk mengundang rasa haru. Katanya, Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte menangis, menyesali keputusannya yang telat me- lockdown Italia.

”Perdana menteri Italia Giuseppe Conte menangis, menyesali keputusannya karena #TelatLockdown dan melihat 700 mayat perhari terjadi karena covid-19. Rumah sakit gak bisa nampung, obat habis, perawat sakit, dokter sakit ekonomi lumpuh, chaos dan rakyat saling menyalahkan.” Begitulah penggalan narasi dalam tangkapan gambar itu.

Di Facebook, informasi serupa menyebar dengan cepat. Salah satu yang menyebar potongan gambar itu adalah pemilik akun Adie Soekano (bit.ly/PesanMenyedihkan). ”Kami telah dikalahkan oleh wabah. Kami sudah mati fisik dan mental, kami tak tahu lagi apa yg harus kami buat. Semua cara dunia (manusia) tak lagi mempan. Solusi satu2nya hanya (mengharapkan) kuasa langit (Tuhan).” Demikianlah penggalan naskah yang menyebar kemarin.

Foto pria menangis yang diklaim sebagai PM Italia itu begitu viral, bahkan di berbagai negara. Bukti bahwa sangat banyak netizen latah yang asal membagikan kabar keliru. Kalau mau sedikit repot mengunjungi mesin pencari untuk mengetahui wajah Giuseppe Conte, pasti langsung diketahui bahwa kabar tersebut hoax. Sebab, pria yang menangis dalam foto itu adalah Presiden Ke-38 Brasil Jair Messias Bolsonaro.

Foto tersebut pernah diunggah situs asal Brasil, poder360.com.br, pada 17 Desember 2019 dengan judul Bolsonaro chora ao lembrar de facada, em culto evangélico no Planalto. Disebutkan bahwa Bolsonaro menangis lantaran mengingat kedekatannya dengan kematian. Saat itu dia menceritakan upaya penyerangan terhadap dirinya dengan pisau dalam sebuah kampanye Pemilihan Presiden 2018 di Juiz de Fora.

”Terima kasih Tuhan untuk kehidupan kedua itu. Saya juga mengerti, di tangan Mu Tuhan, saya menjadi Chief Executive. Saya menjadi orang paling penting di Republik ini tentu karenaMu Tuhan,” kata Bolsonaro sebagaimana dikutip situs poder360.com.br.

Situs rappler.com juga mengklarifikasi kabar palsu yang menyebar dalam berbagai bahasa itu. Menurut Rappler, foto itu diambil dari momen pidato yang dibuat Bolsonaro pada 17 Desember 2019, saat ibadat syukur di Palacio do Planalto, tempat kerja resmi presiden Brasil di Brasilia.

Rappler juga mengunggah foto Presiden Italia Sergio Mattarella sebagai perbandingan wajah antar keduanya. Sergio Mattarella memimpin Italia sejak 2015. Anda bisa membacanya di bit.ly/BukanPMItalia.

FAKTA

Foto PM Italia menangis karena terlambat melakukan lockdown adalah hoax. Pria dalam foto tersebut ternyata Presiden Brasil Jair Messias Bolsonaro.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c10/fat



Close Ads