Narasikan Sidang Sambo Pakai Video Pengadilan Banyuwangi

25 Januari 2023, 05:48:18 WIB

SIDANG dakwaan terkait kasus pembunuhan Brigadir J diikuti dengan kabar keliru di media sosial. Berbagai video digabungkan dan diklaim berkaitan dengan kasus pembunuhan tersebut hingga sidang dakwaan di pengadilan.

’’Dilu4r DVG4AN H4k1m T4W4RK4N Ferdy Sambo M4u Dihvkvm M4T1,’’ tulis akun Facebook Care pada 13 Januari 2023. Akun itu juga menyertakan video berdurasi 10 menitan lengkap dengan berbagai keterangan.

Salah satunya tampak dalam gambar thumbnail video tersebut. Keterangan itu berbunyi, HAKIM GAADA REM BUAT SAMBO TERUS TERPOJOK. KENAPA KAMU JADI JENDERAL SEKEJAM INI HARUS PILIH HUKUMAN SEUMUR HIDUP ATAU SUNTIK MATI.

Bagian awal video tersebut memperlihatkan suasana kericuhan. Seolah-olah ada serangan kepada hakim sebagai bagian dari reaksi atas tawaran hakim kepada terdakwa Ferdy Sambo. Seperti pada bagian awal waktu video yang menampilkan seorang terdakwa melompat dan memukul hakim s.id/SidangRicuh.

Informasi itu jelas tak masuk akal. Pasalnya, jaksa penuntut umum (JPU) menuntut terdakwa Ferdy Sambo dengan hukuman penjara seumur hidup. Sambo dianggap bersalah melakukan dua pelanggaran dalam kasus pembunuhan terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Lantas, apakah benar ada penawaran sebagaimana unggahan akun Facebook Care? Berdasar penelusuran, video seorang pria melompat dan memukul hakim itu tidak berkaitan dengan sidang kasus Duren Tiga di PN Jakarta Selatan.

Foto identik penyerangan hakim itu diunggah news.detik.com yang tayang pada 31 Desember 2021. Judulnya berbunyi, Ulah Aktivis Antimasker Pukul Hakim hingga Lecehkan Pengadilan Banyuwangi. Anda dapat membacanya di s.id/SidangProkes.

Lalu, jika dicermati video 10 menitan itu, tak ada statemen hakim soal tawaran hukum suntik mati atau seumur hidup. Justru, narator membacakan berita Tribunnews yang terbit pada 10 Januari 2023. Judulnya berbunyi, Hakim Morgan Simanjuntak ke Ferdy Sambo: Apa Enggak Kamu Pikirkan Kariermu yang Moncer Itu? Anda dapat membacanya di s.id/CeramahiFS.

FAKTA

Tidak ada statemen hakim atas pilihan hukuman seumur hidup atau suntik mati. Video kericuhan di persidangan itu terjadi di Banyuwangi.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c7/jun

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads