alexametrics

Awas Hoax! Baju Wamil Korea Dikira Seragam Tentara Tiongkok

24 Juli 2020, 05:05:35 WIB

KABAR bahwa tentara Tiongkok sudah bertebaran di Indonesia marak menyebar di media sosial. Narasi seperti itu dilengkapi video belasan seragam militer dengan aksara asing sedang dibersihkan di tempat jasa laundry kawasan Kelapa Gading, Jakarta. ”Parah nih udah banyak tentara China, udah siap perang kynya,” bunyi penggalan keterangan yang ditulis akun Facebook Doni Erlangga kemarin (bit.ly/BajuTentaraTiongkok).

Dalam video itu juga tampak badge nama bertulisan ”Kim” di salah satu baju militer yang sedang digantung. Nama seperti itu lazim digunakan warga Korea. Jika diamati, aksara asing di atas tulisan ”Kim” tersebut juga tidak mirip huruf Mandarin.

Koordinator Indonesia Tionghoa Culture Centre (ITCC) Andree So memastikan bahwa badge itu memang bertulisan nama orang Korea dengan aksara Hangeul (alfabet yang digunakan untuk menulis bahasa Korea). ”Bukan Tiongkok itu. Huruf Mandarin itu ribet. Kalau itu kan simpel,” katanya kemarin (22/7).

Akun Twitter Enrico AG atau @EnricoE39 juga meluruskan bahwa belasan baju bermotif loreng dalam video yang beredar bukan milik tentara Tiongkok. Dia menduga baju-baju tersebut bekas milik peserta wajib militer (wamil) Korea yang dibeli orang Indonesia secara kodian. Ada kemungkinan baju-baju itu akan dijual kembali. Misalnya ke komunitas-komunitas airsoft (bit.ly/MilikTentaraKorea).

Saat dihubungi melalui telepon, kontributor di komunitas pemerhati aviasi dan pertahanan Enrico Aryyaguna menjelaskan bahwa narasi dalam video tentang baju militer tentara Tiongkok itu keliru. ”Itu sejenis seragam wamil dari Korea Selatan,” ujarnya, Rabu (22/7).

Bukti kuat lainnya, lanjut Enrico, tampak di aksara Hangeul yang menunjukkan nama khas Korea di bagian dada baju. Badge itu bertulisan Kim Segwanga atau Kim Sekwang. Lalu, ada beberapa emblem yang menunjukkan lambang satuan dari militer Korea. ”Saya lihat ada satu emblem yang bentuknya identik dengan divisi infanteri tahap II. Itu yang ada satu bulat merah,” jelasnya.

Jawa Pos juga menemukan puluhan lambang militer Korea di situs Pinterest. Ada banyak kecocokan dengan berbagai lambang di baju militer dalam video yang beredar. Divisi dengan nama Kim itu masuk ke dalam Capital Mechanized Infantry Division.

FAKTA

Belasan baju loreng dalam video yang menyebar bukan seragam militer tentara Tiongkok. Tulisan nama di bagian dada baju serta emblem yang menempel menunjukkan ciri khas seragam wajib militer Korea.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/fat



Close Ads