alexametrics

Baru Keluar, Ahok Langsung Diserang Hoax

24 Januari 2019, 15:44:37 WIB

JawaPos.com – Kabar palsu turut mengiringi keluarnya Basuki Tjahaja Purnama (BTP) dari Rutan Mako Brimob Jakarta hari ini. Isinya tentang patung lilin BTP yang katanya sudah ada di Museum Madame Tussauds, Hongkong.

“Patung ahok di museum Madame Tussauds Hongkong. Sebagai salah satu gubernur terbaik dunia. Gubernur pertama yang dibuatkan patungnya di sana. Bangsa indonesia bangga punya Ahok!” tulis akun Facebook Raodah Mediana (fb.com/raodah.medina) pada 20 Januari lalu. Akun itu juga menyertakan gambar patung pria yang populer dengan nama Ahok tersebut.

Namun, ada yang janggal saat Jawa Pos kali pertama melihat posting-an tersebut. Di Museum Madame Tussauds, patung lilin manusia dibuat sama persis dengan aslinya. Sementara itu, patung Ahok tidak mirip patung liling. Malah terkesan seperti miniatur action figure yang bisa ditekuk di bagian siku dan lututnya.

Baru Keluar, Ahok Langsung Diserang Hoax
Infografis karir politik Ahok. (Kokoh Praba/JawaPos.com)

Ternyata, gambar yang di-posting Raodah punya kemiripan dengan foto dan berita yang pernah dimuat situs finance.detik.com. Kesamaan itu terlihat di sambungan lengan tangan Ahok. Judul beritanya, Mendulang Rupiah dari Jualan Action Figure Ahok Hingga Gusdur. Berita yang di-posting pada 26 Februari 2018 itu menceritakan pergelaran Jakarta 14th Toys & Comics Fair 2018 di Balai Kartini.

Dalam acara itu dipamerkan action figure tokoh nasional. Mulai gubernur DKI Jakarta hingga presiden Indonesia. Ukurannya seperenam dari ukuran tokoh yang asli. 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (zam/c17/fat)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Baru Keluar, Ahok Langsung Diserang Hoax