alexametrics

Hoax Perawat Meninggal setelah Divaksin Covid-19

23 Desember 2020, 05:05:51 WIB

KABAR menyesatkan tentang vaksin Covid-19 kembali muncul di Twitter. Bentuknya berupa video pendek yang memperlihatkan seorang perempuan disuntik vaksin. Sesaat kemudian, tubuhnya lemas dan tidak sadarkan diri. Katanya, perawat itu meninggal setelah disuntik vaksin.

”Suster Amerika pingsan setelah disuntik VAKSIN buatan Pfizer dan akhirnya meninggal.” Begitu kabar yang diunggah akun Twitter @channel_terkini pada 20 Desember 2020. Akun itu juga menyertakan video berdurasi 30 detik (bit.do/PerawatMeninggal).

Namun, saat berita di media-media mainstream ditelusuri, perempuan dalam video itu tidak meninggal. Portal berita newsweek.com pernah mengunggah hasil wawancaranya dan mengabarkan kondisi perawat tersebut setelah pingsan.

Berita yang terbit pada 18 Desember 2020 itu menyebutkan, perawat yang sempat pingsan bernama Tiffany Dover. Dia bekerja di CHI Memorial Hospital di Chattanooga, Tennessee. Tiffany Dover adalah salah seorang pekerja garis depan pertama di Hamilton County yang menerima vaksin. Sekitar 15 menit setelah disuntik, Dover merasa pusing, lalu pingsan.

Perawat itu cepat pulih dan mampu berdiri serta berbicara di hadapan wartawan yang hadir di rumah sakit saat itu. ”Tiba-tiba, saya tersadar. Saya bisa merasakannya datang. Saya merasa sedikit bingung, tapi baik-baik saja sekarang. Rasa sakit di lengan saya juga hilang,” ungkap Dover.

Dia mengakui memiliki respons refleks vagal. Refleks itu dihasilkan karena ada rangsangan terhadap nervous. Artinya, jika terlalu nervous, dia langsung pingsan. ”Saya memiliki riwayat punya respons vagal yang terlalu reaktif. Jika mengalami rasa sakit dari apa pun, saya bisa pingsan,” jelasnya.

Portal berita Reuters juga mengulas informasi tersebut. Dalam penjelasannya, tidak satu pun yang menyebutkan bahwa sang perawat meninggal. Juru bicara CHI Memorial Hospital langsung memberikan informasi kepada Reuters melalui e-mail bahwa perawat itu cepat pulih.

Baca Juga: Sudutkan Komnas HAM dengan Foto Brimob Terluka

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengungkapkan, tidak jarang orang pingsan setelah menjalani vaksinasi. Meski tidak ada jawaban pasti akan terjadinya hal tersebut, para ilmuwan menjelaskan bahwa pingsan itu disebabkan proses vaksinasi, bukan karena vaksin itu sendiri. Anda dapat membaca ulasan yang terbit pada 19 Desember 2020 tersebut di bit.do/KarenaProses.

FAKTA

Perawat yang disuntik vaksin itu bernama Tiffany Dover. Dia hanya pingsan sesaat dan langsung kembali pulih. Dover tidak meninggal.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c14/fat


Close Ads