alexametrics

Hoax Syekh Ali Jaber Pulang ke Madinah

23 September 2020, 05:05:40 WIB

KABAR palsu yang mengikuti penusukan pendakwah Syekh Ali Jaber masih bertebaran di media sosial. Kali ini, beredar foto pria yang bernama lengkap Ali Saleh Mohammed Ali Jaber itu di sebuah bandara. Katanya, pria 44 tahun tersebut memilih kembali ke Madinah karena Indonesia tak bisa melindungi ulama.

’’Akhirnya Syeikh Ali Jaber pulang ke Madinah. Sungguh malunya negeri ini karena tidak bisa menjaga seorang ulama dgn baik #Jasamu akan slalu kami kenang Syeikh.’’ Demikian keterangan yang diunggah akun Facebook Sulaiman Al-aznawy pada 18 September lalu (bit.do/PulangKeMadinah).

Foto itu memang memperlihatkan Ali Jaber yang sedang berada di bandara. Dia mengenakan arm sling atau penyangga siku. Namun, foto tersebut tak menunjukkan bahwa Ali Jaber akan terbang ke Madinah. Malah lebih cocok dengan suasana kedatangan di sebuah bandara.

Kabar kepulangan Ali Jaber ke Madinah juga tidak sesuai dengan pemberitaan media-media arus utama dalam beberapa hari terakhir. Setelah mengalami penyerangan, Ali Jaber melanjutkan kunjungannya ke sejumlah daerah di Jawa Timur. Yakni, Jember dan Malang.

Saat itu Kabidhumas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pihaknya akan membantu panitia dalam pengamanan kegiatan dakwah Syekh Ali Jaber di Jember dan Malang. Meskipun tanggung jawab pengamanan tetap sepenuhnya milik panitia penyelenggara.

’’Polda Jatim melalui polres akan melibatkan penyelenggara untuk melakukan langkah antisipatif dengan menyeleksi jamaah peserta pengajian,’’ ujar pria yang pernah menjabat Kabidhumas Polda Jabar itu. Anda dapat membacanya di bit.do/KeJatim. Di akun Instagram resmi milik Syekh Ali Jaber juga sama sekali tak ada posting-an tentang pulang ke Madinah.

Sementara itu, video di kanal YouTube Syekh Ali Jaber yang diunggah pada 19 September lalu telah menepis isu kepulangan tersebut. Video itu berjudul Hoax: Syekh Ali Pulang ke Madinah. Pada detik ke-58, terdapat informasi bahwa kepulangan ke Madinah itu palsu. Apalagi, dalam situasi seperti ini, tidak ada penerbangan menuju Madinah.

’’Pertama, enggak ada flight (penerbangan). Masih tutup. Kedua, gambar yang beredar ke mana-mana itu sebenarnya saat saya tiba dari Lampung ke Jakarta,’’ paparnya. Anda dapat melihat video tersebut di bit.do/TibaDariLampung.

FAKTA

Foto yang memperlihatkan Syekh Ali Jaber di bandara dengan mengenakan arm sling itu saat tiba dari Lampung ke Jakarta. Bukan pulang ke Madinah.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c18/fat




Close Ads