alexametrics

Salah Narasi Video Kunjungan Putin ke Turki, Bukan Bahas Palestina

23 Mei 2021, 05:48:15 WIB

KABAR hoax yang satu ini ingin membuat kesan bahwa ketegangan antara Palestina dan Israel tak akan mereda. Disebutkan, presiden Rusia telah datang dan bertemu dengan presiden Turki untuk membahas Palestina. Dua negara itu memang sering diharapkan membantu Palestina dalam melawan serangan Israel.

”Presiden Putin tiba di Turki untuk membahas Palestina bersama Erdogan,” tulis akun Twitter @qtrix pada 13 Mei 2021. Informasi tersebut disertai video pesawat kenegaraan Rusia yang mendarat di Turki. Tampak Presiden Rusia Vladimir Putin turun dan disambut Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (bit.ly/BahasPalestin).

Salah satu keanehan dalam video itu, tak satu pun orang-orang dalam video tersebut yang mengenakan masker. Mereka juga tidak menjaga jarak antara satu dan yang lain dalam sebuah pertemuan yang dilaksanakan rombongan kedua negara. Bisa dipastikan, momen itu tidak terjadi dalam setahun terakhir, ketika dunia sedang dilanda pandemi Covid-19.

Pengecekan menggunakan mesin pencari menunjukkan bahwa video tentang peristiwa yang sama pernah diunggah kanal YouTube milik Radio Free Europe/Radio Liberty pada 3 April 2018. Judulnya berbunyi Erdogan Welcomes Putin on Ankara Visit. Artinya jelas, video itu merupakan rekaman kejadian pada 2018, bukan baru-baru ini, apalagi dikaitkan dengan konflik antara Israel dan Palestina. Anda dapat melihat kesamaan video tersebut di bit.ly/KunjunganPutin2018.

Kantor berita asal Rusia TASS juga mengabarkan pertemuan dua pemimpin negara tersebut. Saat itu Putin turut ambil bagian dalam upacara peresmian pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Akkuyu. Selain itu, menurut layanan pers Kremlin, Putin melakukan kunjungan dua hari ke Ankara. Mereka membahas sejumlah kerja sama bilateral serta masalah mendesak seperti perang melawan terorisme dan situasi di Syria.

Kedua negara memang menentang dan telah menentukan sikap atas bentrokan Israel dengan Palestina. Erdogan bahkan telah membahas hal itu dengan menelepon Putin. Erdogan mengatakan kepada Putin bahwa komunitas internasional perlu mengajarkan pelajaran kepada Israel. Ankara diklaim sedang melakukan mobilisasi atas ketegangan tersebut. Anda dapat membaca ulasan Reuters itu di bit.ly/NelponPutin.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/fat

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads