alexametrics

Hoax TKA Menyamar Jadi Tenaga Kesehatan

23 Mei 2020, 02:30:37 WIB

KABAR kedatangan tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok kembali menyebar. Kali ini informasi itu dilengkapi foto orang-orang berpakaian hazmat di sebuah bandara. Narasi yang menyertai foto tersebut menyebutkan bahwa TKA Tiongkok datang ke Palembang dengan menyamar sebagai tenaga kesehatan (nakes). Jika diamati, foto orang-orang berpakaian hazmat itu merupakan capture dari sebuah video di YouTube.

Akun Facebook Armand Suhara mengunggah link kanal tersebut yang menuliskan judul, TKA China Masuk Palembang dengan APD Lengkap biar Dikira Nakes. Sayangnya, saat tautan itu diklik, videonya telah dihapus pemilik kanal.

Memanfaatkan situs padanan gambar, Jawa Pos menemukan video serupa diulas kanal YouTube milik Tribun Sumsel. Kanal tersebut menuliskan keterangan bahwa para TKA asal Tiongkok itu dipulangkan ke negara asalnya. Berbagai media massa kredibel juga memberitakan kejadian tersebut. Salah satunya, portal berita Sumatera Ekspres, sumeks.co. Judulnya berbunyi, Naik Cambodia Airways, Sebanyak 141 TKA Tiongkok di Sumsel Dipulangkan. Disebutkan bahwa 141 warga negara Tiongkok yang mengenakan baju hazmat tersebut merupakan pekerja yang dipulangkan ke negaranya melalui Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Palembang. Mereka memasuki bandara pada Rabu (20/5) pukul 14.30 WIB dengan menaiki lima bus.

General Manager Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Fahroji menjelaskan, mereka memang dipulangkan karena proyek tempat para pekerja asal Tiongkok tersebut bekerja sudah selesai. ’’PT China Harbour Indonesia melakukan penerbangan repatriasi hari ini. Mereka memang pulang karena proyek sudah selesai,’’ jelasnya.

Warga Tiongkok itu berangkat melalui pos landasan udara (lanud) di samping terminal yang biasa dilalui calon jamaah haji lantaran penerbangan bersifat carter. Sebelum berangkat, kondisi kesehatan, kelengkapan dokumen imigrasi, dan barang bawaan para WN Tiongkok itu dicek petugas.

Pesawat Cambodia Airways Airbus A319 yang membawa mereka lepas landas pada pukul 17.30 WIB. ’’Tujuan penerbangan ke Tiongkok, tapi transit di Kamboja,’’ kata Fahroji. Selengkapnya, Anda dapat membacanya di bit.ly/PulangKeTiongkok.

FAKTA

Foto orang-orang mengenakan baju hazmat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II bukanlah TKA Tiongkok yang baru datang. Mereka justru dipulangkan karena proyek sudah selesai.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c14/fat



Close Ads