alexametrics

Sebar Hoax Terkait Buka Puasa Gunakan Foto Korban Semeru

23 April 2022, 05:48:39 WIB

PRODUSEN hoax yang menyebar kepalsuan menggunakan blogspot masih ditemukan di media sosial. Misalnya, blog cerita-rakya.my.id yang mengabarkan seorang istri yang menyiram suami saat berbuka puasa. Penyebabnya, sang suami hanya membawa uang Rp 30 ribu.

’’Ya Allah sesadis ini nian hidup skrng,’’ tulis akun Facebook Tiara Cilsilia Putry, Kamis (21/4). Akun tersebut menge-share posting-an sebuah grup dari akun Wahyuni Yuni Yuni. Judul blog itu berbunyi, Niat Hati Berbuka Puasa Pake Air Es, Istri Malah Siram Suami Pake Air Mendidih, gegara seharian kerja bawa pulang Rp. 30 Ribu.

Saat mengunjungi tautan tersebut, jangan harap menemukan informasi yang akurat. Tak ada sumber kredibel. Termasuk dua foto yang jelas-jelas berbeda maupun keterangan berita istri yang menyiram suaminya (bit.ly/KarenaBukaPuasa).

Saat menelusuri isi naskah yang menyebut seorang istri nekat menyiram suaminya dengan air panas karena suami membawa Rp 30 ribu, ternyata peristiwa itu terjadi pada 2021. Tentu kejadian pada Juni 2021 itu juga bukan pada situasi sedang berpuasa. Puasa 2021 berlangsung pada April–Mei. Nah, jelas isi berita tak sesuai dengan narasi awal yang disebut terjadi saat berbuka puasa. Anda dapat membacanya di bit.ly/BukanBulanPuasa.

Nah, soal dua foto itu tidak ada kaitannya dengan narasi yang beredar. Foto kiri yang memperlihatkan pria terbakar pada bagian dada dengan lingkaran merah tersebut merupakan korban letusan Gunung Semeru. Keterangan portal berita makassar.tribunnews menyebut pria itu korban letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu, 4 Desember 2021. Ada lima foto dalam unggahan portal tersebut. Anda KorbanAPGSemeru.

Anda dapat membacanya di bit.ly/3xJNWuu.

FAKTA

Foto dua pria berbeda itu merupakan korban akibat letusan Gunung Semeru. Bukan karena disiram istri saat berbuka puasa.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c7/jun

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads