alexametrics

Katanya Putin Lepas Singa untuk Cegah Warga Keluar Rumah, ini Faktanya

23 Maret 2020, 12:52:20 WIB

JawaPos.com – Potongan foto yang memperlihatkan seekor singa berkeliaran di jalanan kota tersebar luas di media sosial kemarin. Foto itu dilengkapi keterangan dalam bahasa Inggris. Isinya, singa tersebut sengaja dilepas Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mencegah warga keluar dari rumah.

’’Russia: containment, vladimir putin has dropped 800 tigers and lions all over the country to push people to stay home.’’ Begitu keterangan yang menyertai foto tersebut.

Beberapa netizen Indonesia menyebarkan ulang kabar itu beserta terjemahannya. ’’Rusia: Penggurungan: Presiden Russia Vladmir Putin, telah melepaskan 800 harimau dan singa di seluruh daerah disana agar rakyat tidak berkeliaran dan menetap di dalam rumah. #Covid19,’’ tulis pemilik akun Facebook Tenaigaidawii kemarin (22/3).

Jika dicermati, tentu ada kejanggalan antara foto dan narasi yang disebar. Misalnya, yang tampak hanya seekor singa. Padahal, pesan yang beredar menyebut 800 singa dan harimau. Selain itu, melepas ratusan hewan buas di jalanan agar warga tidak keluar rumah terkesan sebagai kebijakan pemerintah yang konyol.

Memanfaatkan situs padanan gambar asal Rusia yandex.com, foto itu ternyata pernah diunggah portal berita thesun.co.uk pada 16 April 2016. Judulnya, Walk on the wild side: Scared residents spot huge lion prowling through streets in South African city. Dari judul itu saja, bisa dipastikan bahwa foto tersebut bukan menunjukkan peristiwa di Rusia. Juga tidak ada kaitannya dengan Covid-19 karena dijepret pada 2016.

The Sun memberitakan bahwa singa itu berada di Johannesburg, salah satu kota terbesar di Afrika Selatan. Tak hanya melenggang di jalanan, singa tersebut juga memanjat sebuah mobil yang terparkir. Namun, keberadaan singa itu tidak semengerikan yang dipikirkan banyak orang.

Singa bernama Columbus tersebut berasal dari salah satu kebun binatang di Afrika Selatan. Columbus keluar kandang bukan tanpa alasan. Ia sengaja dilepas ke jalanan kota untuk keperluan syuting film.

Namun sayang, keluarnya Columbus dari kandang itu bisa dikatakan ilegal. Sebab, Badan Jalan Johannesburg menyatakan bahwa pihak penyelenggara kegiatan tersebut belum berkonsultasi atas penutupan jalan sehingga tergolong berisiko terhadap warga sekitar. Anda bisa membaca informasi lengkapnya di bit.ly/KeperluanFilm.

FAKTA

Foto singa di tengah jalan yang dibagikan ulang akun Facebook Tenaigaidawii merupakan kejadian di Afrika pada 2016. Bukan singa yang dilepas presiden Rusia untuk menakut-nakuti warga agar tidak keluar rumah.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c5/fat



Close Ads