alexametrics

Judul Berita Ngawur Sudutkan Ma’ruf Amin

22 November 2019, 22:23:33 WIB

JawaPos.com – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin kembali dijadikan bahan hoax blog palsu peniru situs berita online. Mantan ketua MUI itu disudutkan dengan judul berita ngawur oleh blog Merdekaind.blogspot.com. Bunyinya: Ma’ruf Ingin Cegah Radikalisme sejak Tingkat PAUD, Jauhkan Anak-Anak dari Al-Qur’an.

Jawa Pos menemukan bahwa link berita palsu itu diunggah pemilik akun Facebook Hassanudin (bit.ly/JauhkanAlquran). Akun tersebut juga berkomentar nyinyir. ’’Sejak lepas sarung ganti celana (bkn cingkrang) tmbah ngawur pernyataan ya. #efeknyeburkekolam,” tulisnya pada 20 November 2019.

Faktanya, isi berita yang diunggah blog Merdekaind itu mencuri dari portal berita cnnindonesia.com. Pengelola blog tersebut juga menambahkan kalimat, ”jauhkan anak-anak dari Al-Qur’an”. Padahal, Wapres tidak pernah mengeluarkan pernyataan seperti itu.

Versi asli berita itu berjudul Ma’ruf Ingin Cegah Radikalisme sejak Tingkat PAUD. Wakil presiden ke-13 tersebut menekankan bahwa penanganan radikalisme menjadi arus utama program nasional pemerintah. Menurut dia, dibutuhkan pengajaran pada anak PAUD hingga tingkat sekolah dasar (SD) untuk melawan radikalisme. Anda dapat membacanya di sini.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c18/fat



Close Ads