Video Lama Demo Mahasiswa di Palembang Tak Terkait Harga BBM

22 September 2022, 05:48:59 WIB

VIDEO dan rekaman lawas tentang demonstrasi diselewengkan jadi informasi keliru. Salah satunya, video tentang demonstrasi mahasiswa yang diklaim terjadi dalam rally penolakan kenaikan harga BBM.

Akun Twitter @ZulkifliLubis69 mengunggah video pendek aksi mahasiswa yang meneriakkan yel-yel. Teriakan tersebut salah satunya meminta Jokowi mundur sebagai presiden Indonesia. Hal itu diperkuat dengan keterangan dalam video tersebut.

”Aksi kenaikan harga BBM bersubsidi jakarta. Dan di minta Jokowi mundur dari presiden RI,’’ begitu keterangannya. Seolah-olah demonstrasi tersebut terjadi setelah pemerintah menaikkan harga BBM pada Sabtu (3/9) lalu (cutt.ly/DemoBBM2022).

Meski demonstrasi terjadi di berbagai tempat dan tak terkecuali di Jakarta, video tersebut perlu diperjelas. Apakah benar terjadi setelah kenaikan harga BBM di awal September lalu? Berdasar penelusuran, ternyata itu video lawas.

Video dengan durasi yang lebih panjang pernah beredar di berbagai media sosial beberapa tahun silam. Salah satunya diunggah oleh akun Facebook Kumpulan Cerita Penuh Hikmah pada 26 September 2019.

Ada kesamaan pakaian dan intonasi dalam rekaman tersebut dengan video yang diunggah oleh akun Twitter @ZulkifliLubis69. Sehingga dari segi waktu demonstrasi, itu terjadi jauh sebelum penetapan kenaikan harga BBM pada 3 September 2022. Anda dapat melihatnya di cutt.ly/VideoDemo2019.

Lokasi demonstrasi itu mirip unggahan di kanal YouTube Langit Status dengan durasi satu menit. Judul video tersebut berbunyi, Viral Jokowi Turun Menjadi Yel-Yel Mahasiswa yang Berunjuk Rasa September 2019. Perekam juga menyebut nama kampus, salah satunya Universitas BiDar yang mengacu pada kampus Bina Darma Palembang. Anda bisa melihatnya di cutt.ly/ViewAtasLRT.

Memperjelas lokasi, Jawa Pos menelusuri melalui Google Maps, khusus pada detik ke-40 kanal YouTube Langit Status yang memperlihatkan papan nama PT Garuda Indonesia di sekitar LRT Palembang.

Saat dicocokkan, tampilan detik ke-40 serta lokasi itu berada di Jalan Kapten A. Rivai, Kota Palembang. Artinya, demonstrasi itu dilakukan di sekitar rel LRT Palembang, kemiripan diperkuat dengan papan nama dan tiang penyangga berwarna biru. Anda bisa melihatnya di cutt.ly/LorongLRT.

Soal demonstrasi mahasiswa saat itu juga tidak ada kaitan dengan BBM. Melainkan, demonstrasi itu menyuarakan penolakan atas tindakan pemerintah yang akan merevisi beberapa peraturan, seperti UU KPK, RUU KHUP, RUU Agraria, RUU Ketenagakerjaan, dan sebagainya.

FAKTA

Demonstrasi mahasiswa itu terjadi pada 2019 di Palembang. Mereka menolak revisi UU KPK oleh DPR RI.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c6/jun

Saksikan video menarik berikut ini: