alexametrics

Salah Foto Demo Penolakan RUU HIP

22 Juli 2020, 05:05:53 WIB

AKSI demo menolak RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) kembali terjadi pada Kamis (16/7) lalu. Banyak media massa yang memberitakan kejadian itu. Namun, di media sosial beredar kabar demo disertai foto yang keliru.

Contohnya unggahan akun Facebook Feizal Syahmenan pada 16 Juli lalu. Dia meng-upload foto ribuan mahasiswa dari berbagai kampus memenuhi jalan raya dan memberinya narasi sebagai aksi demo menolak RUU HIP. ”Semoga RUU HIP atau diganti dengan nama apapun dibatalkan, Massa Rakyat sudah tumpah ruah mengepung Gedung DPR dari depan dan belakang,” tulisnya.

Informasi itu diterima mentah-mentah sejumlah netizen tanpa menelusuri kebenarannya. Bahkan, ada yang menyebutnya sebagai demonstrasi yang diikuti buruh dan mahasiswa sehari sesudahnya. ”Demo Buruh dan Mahasiswa Kamis 17 Juli 2020,” tulis akun Nurul Abadi pada 17 Juli lalu. Aneh, foto yang sama diberi keterangan waktu yang berbeda.

Foto yang diunggah akun Feizal Syahmenan memang memperlihatkan barisan massa dari berbagai kampus di depan gedung DPR. Namun, situasinya sangat berbeda dengan aksi demo menolak RUU HIP pada Kamis lalu.

Saat ditelusuri, foto ribuan mahasiswa itu ternyata sudah beredar sejak 2019. Mereka memprotes RUU KUHP di depan gedung DPR pada 24 September 2019. Salah satu portal berita yang mengunggah foto tersebut adalah tagar.id.

”Ribuan mahasiswa melakukan aksi demonstrasi menolak pengesahan Rancangan Undang-Undang Kitab Hukum Pidana (RKUHP) dan sejumlah RUU kontroversial di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat.” Begitu keterangan foto yang diabadikan fotografer Gemilang Isromi Nuari. Anda bisa melihatnya di bit.ly/RUUKontroversial.

Jawapos.com juga mengabarkan bahwa kawasan depan gedung DPR menjadi panggung bebas dari dua kelompok berbeda pada Kamis lalu. Saat itu ribuan buruh berkumpul untuk menolak pembahasan omnibus law RUU Cipta Kerja. Sedangkan kelompok lainnya adalah mahasiswa yang menolak RUU HIP. Pemisahan dua kelompok massa dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

FAKTA

Foto yang diunggah akun Facebook Feizal Syahmenan bukan aksi demo menolak RUU HIP pada 16 Juli 2020. Melainkan aksi demo pada September 2019 menolak pembahasan sejumlah RUU kontroversial.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/fat



Close Ads