alexametrics

Foto Lawas Sudutkan Menteri Agama Yaqut

22 Juni 2022, 05:48:28 WIB

MENTERI Agama Yaqut Cholil Qoumas menjadi salah satu tokoh yang tak luput dari incaran produsen hoax. Salah satunya informasi yang belakangan muncul. Katanya, Menteri Agama Yaqut memilih datang ke Vatikan ketimbang Makkah.

’’Bukannya pergi ke Mekkah urus haji koq malah asik berselancar di Vatikan. Pantas selama ini hampir semua keputusan yg diambil lebih banyak merugikan umat Islam…?’’ tulis akun Facebook Mustafa Limpo pada Senin (13/6) (bit.ly/PilihKunjungiVatikan).

Akun itu juga menyertakan foto Yaqut bersama empat orang lainnya dengan Paus Fransiskus. Yaqut mengenakan pakaian batik, begitu juga empat orang lain yang berfoto dengan Paus.

Dari hasil penelusuran, situs resmi Kementerian Agama pada Rabu (8/6) mengabarkan kunjungan Menteri Yaqut yang beraudiensi dengan Paus Fransiskus di Vatikan. Menag menyampaikan undangan dari Presiden Jokowi kepada Paus untuk berkunjung ke Indonesia.

’’Saya ingin menyampaikan undangan Presiden Joko Widodo kepada Yang Mulia untuk datang berkunjung ke Indonesia,’’ ujar Yaqut.

’’Indonesia mampu menjaga toleransi dan perdamaian antar pemeluk agama, termasuk ratusan umat agama lokal. Kami ingin mengundang Yang Mulia untuk melihat keberagaman ini di Indonesia,’’ imbuhnya. Anda dapat membacanya di bit.ly/SampaikanUndangan.

Namun, yang diunggah akun Facebook Mustafa Limpo itu adalah foto lawas. Berdasar penelusuran, foto Yaqut yang memakai batik saat berkunjung ke Vatikan terjadi pada 2019. Saat itu dia menjabat ketua umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor. Dia ditemani Ketua Satuan Koordinasi Nasional (Kasatkornas) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Alfa Isnaeni.

Situs NU Online mengabarkan, Yaqut menegaskan bahwa dirinya menemui Paus Fransiskus untuk mendukung dokumen persaudaraan manusia dalam Paus Human Fraternity Meeting bersama Grand Sheikh Al-Azhar Ahmed Al-Thayeb.

’’Rabu pagi tadi, 25 September 2019, rombongan kami berkesempatan menghadiri audiensi umum di lapangan Santo Petrus, Vatikan,’’ katanya. Anda dapat membacanya di bit.ly/SaatDiGPAnsor.

FAKTA

Foto Yaqut Cholil Qoumas yang mengenakan baju batik (dua dari kiri) dan berfoto bersama Paus Fransiskus itu terjadi pada 2019. Saat menjabat ketua umum GP Ansor.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c18/jun

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads