alexametrics

Tes Swab Nasofaring Tidak Sampai ke Kelenjar Pineal di Otak

22 Januari 2022, 05:48:24 WIB

BELAKANGAN ini, media sosial dihebohkan dengan video pria bersimbah darah yang memegangi hidungnya. Menurut informasi tersebut, kondisi itu terjadi seusai tes swab.

”WASPADA…Tak henti2nya diingatkan. ’Ini efek tes swab .. Entah bagaimana dokter bercanda.. sampe harus ke bangsal darurat.. 3 hari sekali ke bangsal.. Sudah dua kali dioperasi.” Begitu penggalan keterangan akun Facebook Brian Heren II pada Rabu, 19 Januari 2022.

Tayangan video 30 detik itu menarasikan tes swab merusak kelenjar pineal yang berada di dalam otak. ”Contoh nyata, dan merusak kelenjar Pineal, dinding serabut perasa. Hingga Rasa Takut makin Bertambah. Hilang kepekaan. Astaghfirullah.. Sadarlah, jangaaaan mauuu diiii swaaaab !!!!.” Begitu keterangan lanjutan (bit.ly/KenaKelenjarPineal).

Saat ditelusuri dengan situs padanan gambar, memang ditemukan ada pria yang bersimbah darah tersebut. Di situs berita Malaysia sinchew.com.my yang dimuat pada 16 Januari 2022 disebutkan, pria itu bernama Syafiq Ali Mata. Dia mengeluhkan tindakan dokter saat melakukan swab hingga hidungnya berdarah. Kasus itu sedang diselidiki apakah petugas medis melakukan swab dengan berlebihan sampai berdarah. Anda dapat membacanya di bit.ly/MasihDiselidiki.

Sementara itu, Koordinator Substansi Tata Usaha Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya Joko Kasihono menyatakan bahwa informasi itu tidak sepenuhnya benar. ”Khususnya yang swab ya. Dibilang kena kelenjar pineal. Itu kurang tepat. Swab hanya menyasar bagian belakang nasofaring. Nggak sampai otak,” jelasnya Kamis (20/1).

Situs cek fakta Reuters juga mengulas informasi tersebut. Juru bicara Public Health England menjelaskan bahwa tidak ada area di saluran pernapasan atau rongga hidung tempat otak dapat diakses. ”Tidak mungkin menyentuh otak dengan swab tanpa mengebor melalui pelat cribriform,” ungkap mereka. Lempeng cribriform membentuk atap rongga hidung dan usapan nasofaring tidak menyentuh pelat cribriform. Untuk selengkapnya, Anda dapat membacanya di reut.rs/3nL7BUP.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c14/jun

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads