alexametrics

Rekayasa Foto Cristiano Ronaldo, Produsen Hoax Sebar Berita Palsu

21 November 2019, 19:16:05 WIB

Jawa Pos.com – Wajah para pesohor lapangan bola kembali digunakan pembuat hoax untuk membuat kabar palsu. Kali ini foto Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Neymar Jr direkayasa. Mereka seolah-olah melakukan aksi solidaritas untuk jurnalis foto yang mata kirinya tertembak peluru tentara Israel pad 15 November lalu. Tampak mata kiri tiga pesepak bola itu ditutup dengan perban.

Jawa Pos menemukan kolase foto tiga pesepak bola dan jurnalis yang matanya terluka diunggah pengelola halaman Facebook Donhill FC. ”Aksi Solidaritas Bintang Sepakbola. 3 mega bintang sepakbola dunia, CR7, Leo10, Neymar. Mereka menutup mata mereka sebagai unjuk solidaritas kepada jurnalis juru kamera palestina.” Begitu penggalan narasi yang disebar ulang oleh beberapa akun.

Namun, ada keanehan dalam foto CR7, Messi, dan Neymar. Bentuk perban yang digunakan sama persis. Mulai ukuran, lekukan, sampai penempatan pita perekat yang membentuk tanda silang.

Saat ditelusuri di akun media sosial milik tiga pesepak bola itu, foto mereka dengan mata kiri tertutup perban ternyata tidak ada. Biasanya, jika aksi itu sengaja dilakukan sebagai bentuk solidaritas, para pesohor selalu mengunggahnya di akun resmi media sosial masing-masing.

Memanfaatkan situs padanan gambar, foto asli ketiga pesepak bola itu ternyata tidak ada kaitannya dengan solidaritas untuk jurnalis Palestina. Mata kiri mereka juga tidak ditutup perban.

Pertama, foto Cristiano Ronaldo tanpa perban diunggah situs sport.net pada 19 Maret 2018. Foto itu dilengkapi keterangan bahwa Portugal telah mengumumkan kostum untuk laga home menjelang Piala Dunia 2018. Anda dapat melihatnya di sini.

Kedua, foto asli Messi tanpa perban diunggah gettyimages.com pada 12 Juni 2018. Dalam keterangannya, Messi disebut berpose untuk mewakili Argentina di ajang Piala Dunia FIFA Rusia 2018. Anda dapat melihat foto aslinya di laman berikut.

Ketiga, foto Neymar da Silva Santos Junior yang asli tanpa perban diunggah gettyimages.com pada 23 Oktober 2017. Saat itu dia berpose dalam acara The Best FIFA Football Awards di The May Fair Hotel London, Inggris. Anda dapat melihatnya di sini.

Sedangkan foto jurnalis yang matanya terluka memang benar. Foto tersebut diunggah situs International Federation of Journalist (IFJ). Nama pewarta foto yang terluka itu adalah Moath Amarneh. Dia kehilangan pandangan mata kiri setelah terluka parah oleh peluru tentara Israel di wilayah Surif, Hebron, Tepi Barat, pada Jumat, 15 November 2019.

Anthony Bellanger, sekretaris jenderal IFJ, menyesalkan atas serangan terhadap jurnalis Palestina oleh militer Israel itu. ”IFJ mengingatkan bahwa hukum internasional berlaku di mana-mana,” papar Anthony. Anda dapat membacanya di sini.


FAKTA

Kolase foto yang memperlihatkan Ronaldo, Messi, dan Neymar menutup mata sebelah kiri dengan perban adalah hasil rekayasa digital.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (zam/c10/fat)



Close Ads