alexametrics

Hoax Bupati Luwu Utara Dirawat setelah Jatuh dari Motor

21 Juni 2020, 04:04:18 WIB

KABAR palsu menimpa Bupati Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indah Putri Indriani. Dia dikabarkan tergolek lemas di rumah sakit (RS) karena jatuh dari motor di kawasan pedalaman. Kabar itu juga dilengkapi foto Indah sedang dalam perawatan di RS dan foto dia naik motor melewati tanah berlumpur.

”Mohon doa untuk kesembuhan Sang bupati Luwu Utara. beliau Sedang terbaring sakit karena jatuh dari Motornya saat Mengantarkan BANSOS ke Daerah Pedalaman,” bunyi keterangan yang ditulis akun Facebook Putra Dairi Sinaga Uruk pada 15 Juni 2020 (bit.ly/JatuhDariMotor).

Informasi tersebut menjadi tidak masuk akal setelah melihat akun Instagram sang bupati, @indahnyalutra. Postingan terakhir pada Jumat (19/6) menunjukkan bahwa bupati petahana itu sedang meninjau gudang logistik UD Yaumil Rachma yang terletak di Desa Patila, Kecamatan Tanalili.

Dalam kunjungan tersebut, wajah bupati tidak tampak lebam seperti habis kecelakaan kendaraan roda dua. Juga tidak terlihat seperti baru saja melalui proses perawatan. Saat ditelusuri, foto Indah Putri terbaring di RS merupakan kejadian lawas. Lebih tepatnya pada 2017. Foto itu pernah diunggah portal jawapos.com pada 20 Mei 2017. Judul beritanya Dirujuk ke Makassar, Ini Foto Kondisi Bupati Cantik Usai Kecelakaan.

Indah menjalani perawatan di RS Siloam Makassar pada 19 Mei setelah mengalami kecelakaan di poros Barru. Dikisahkan, mobil yang ditumpangi Indah menabrak mobil lain pada dini harinya. Kecelakaan itu terjadi di Desa Lipukasi, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru. Saat itu Indah menumpang mobil Kijang Innova DP 1184 HD yang dikemudikan Wirman. Diduga mengantuk, Wirman menabrak mobil Kijang Super DP 1324 HB yang ada di depannya. Anda bisa membacanya di bit.ly/KecelakaanMobil2017.

Sedangkan foto Indah menaiki motor penuh dengan muatan barang pernah diunggah akun Instagram @indahnyalutra pada 3 Juni 2020. Saat itu Indah sedang mengantarkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) ke sejumlah desa terpencil di Kecamatan Seko.

Dalam perjalanan, Indah menjumpai tukang ojek yang membawa banyak barang bawaan. ”Saat perjalanan menuju Eno, Kecamatan Seko, saya sempat berbincang dengan tukang ojek. sekalian coba-coba merasakan beratnya beban yangg harus mereka bawa untuk kebutuhan masyarakat di pegunungan.” Begitu keterangan yang ditulis pada 3 Juni 2020. Anda bisa melihat foto sekaligus video itu di bit.ly/KeSeko.

FAKTA

Foto Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani terbaring di rumah sakit merupakan kejadian tahun 2017. Sedangkan foto dia menaiki motor diabadikan saat berkunjung ke Kecamatan Seko pada Juni 2020.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/fat



Close Ads