alexametrics

Mengkritik Konser Melawan Korona Pakai Video yang Salah

21 Mei 2020, 02:30:30 WIB

KONSER amal virtual korona pun tak lepas dari kabar palsu. Jawa Pos menemukan unggahan video konser itu tersebar di berbagai fanpage Facebook. Anehnya, dalam video tersebut tampak panggung megah dan didatangi ribuan orang. Tampak Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga hadir di tengah-tengah kerumunan. Katanya, konser itu digelar di tengah pandemi Covid-19.

”Ketika Masjid ditutup sepihak oleh pemerintah, mereka malah gelaer Konser ditengah Wabah Covid-19,” bunyi keterangan pengelola halaman QSSB Kontrovers1 kemarin (bit.ly/KonserCovid).

Pada menit-menit awal, video itu menampilkan musisi asal Jogja Shaggy Dog. Kemudian, Jokowi berjalan di antara kerumunan orang dengan pengawalan. Setelah itu Jokowi yang memakai kaus lengan panjang berjalan menuju panggung mini di depan penonton dan mengikuti irama dari panggung kecil tersebut.

Video berdurasi 2 menit 47 detik itu tentu janggal dan tidak masuk akal jika dikaitkan dengan konser amal virtual korona yang terselenggara Minggu (17/5). Sebab, model panggung dan konsepnya jauh dari kata pembatasan fisik dan sosial. Selain itu, tidak ada pengunjung yang mengenakan masker.

Memanfaatkan situs padanan gambar, video tentang konser yang sama ternyata pernah diunggah kanal YouTube THEDOGGYTV pada 5 Maret 2018. Video tersebut merupakan rekaman konser Synchronize Fest 2017 di Gambir Expo Kemayoran. Artinya, konser dengan panggung terbuka itu digelar jauh sebelum masa pandemi Covid-19. Anda bisa melihat cuplikan konser tersebut di bit.ly/KonserTahun2017.

Foto Jokowi menghadiri konser itu juga diunggah situs milik Kantor Staf Presiden ksp.go.id pada 8 Oktober 2017. Disebutkan, presiden menghadiri Synchronize Fest pada 7 Oktober 2017 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sementara itu, bentuk konser virtual korona yang terselenggara Minggu lalu bisa dilihat di kanal YouTube milik BNPB Indonesia. Judulnya Konser Berbagi Kasih Bersatu Melawan Corona.

Video berdurasi 2 jam 14 menit tersebut memperlihatkan situasi yang jauh berbeda. Tanpa penonton, tak seperti video dari QSSB Kontrovers1.

Tampilan awal memperlihatkan musisi Lyodra Ginting, Via Vallen, Shanna Shannon, Ketua MPR Bambamg Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, panglima TNI, dan Kapolri yang membawakan lagu yang berjudul Kulihat Ibu Pertiwi. Lalu dilanjutkan lagu Corona yang dibawakan Bimbo dan Iin Parlina. Di akhir tayangan, diperlihatkan penggalangan dana interaktif yang dipandu artis tanah air. Anda bisa melihatnya di bit.ly/KonserVirtual.

FAKTA

Video konser musik yang diunggah pengelola halaman QSSB Kontrovers1 itu merupakan konser Synchronize Fest 2017. Bukan konser amal virtual bertema korona yang diselenggarakan Minggu lalu.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/fat



Close Ads