alexametrics

Hoaks Tentara AS Sebar Virus Korona di Wuhan

21 Maret 2020, 11:54:05 WIB

JawaPos.com – Isu teori konspirasi di balik pandemi Covid-19 kembali menyebar. Kali ini dilengkapi video yang menunjukkan pria bule mengoleskan liurnya ke sebuah tiang di dalam kereta. Pria itu disebut sebagai tentara AS yang menyebarkan virus di transportasi umum Wuhan, tempat kali pertama Covid-19 ditemukan.

”Senjata biologis! Sebuah video beredar luas di banyak WhatsApp Group. video ini menampilkan seorang tentara Amerika Serikat, yang diduga sengaja menyebarkan virus corona di Transportasi umum Wuhan,” begitu narasi yang diunggah akun Twitter @chirp_jhon kemarin (20/3).

Agar terlihat meyakinkan, akun tersebut juga menyertakan tautan berita dari portal minews.id. Judulnya berbunyi, Senjata biologis. Video ini bukti tentara AS sebar corona di bus Wuhan. Saat tautan tersebut diklik, portal itu menyebut dengan jelas bahwa pria tersebut merupakan tentara AS berkulit putih.

Saat ditelusuri, video yang sama ternyata pernah diunggah kanal YouTube My News Ghana pada 10 Maret lalu. Kolom keterangan kanal itu menyebutkan, video seorang pria bermasker mengoleskan air liur di transportasi umum di Brussels, Belgia, telah menyebar ke seluruh dunia.

Sementara itu, portal berita The Brussels Times menyebutkan bahwa viralnya video tersebut memaksa perusahaan transportasi Societe des Transports Intercommunaux de Bruxelles (STIB) menyampaikan tanggapan. Mereka menjelaskan bahwa pria di dalam kereta Metro Brussels itu sedang mabuk. Dalam video, pria tersebut memang tampak membawa bir di tangan kiri.

”Pria itu (yang dalam keadaan mabuk) dihentikan oleh polisi dan layanan keamanan kami. Kereta metro juga sudah ditarik dari peredaran untuk dilakukan disinfeksi,” begitu keterangan STIB. Anda dapat membacanya di bit.ly/PriaMabukDitangkap.

Portal berita thesun.co.uk juga memberitakan video viral itu yang membuat pengguna media sosial marah dengan perilaku pria tersebut. Tidak sedikit netizen yang merekomendasikan hukuman pidana. Sebab, Covid-19 mulai menyebar di Belgia. Menurut berita yang terbit pada 11 Maret 2020 itu, di Belgia terdapat 314 kasus dan 1 kematian. Sama sekali tidak disebutkan bahwa pria dalam kereta tersebut adalah tentara Amerika.

FAKTA

Video yang memperlihatkan pria mengoleskan air liurnya di tiang kereta bukan kejadian di Wuhan, Tiongkok. Melainkan di kereta Metro Brussels, Belgia.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c6/fat



Close Ads