alexametrics

Bantuan Beras Disebut Operasi Intelijen

20 Desember 2020, 05:05:53 WIB

SEBUAH narasi yang diunggah akun Facebook Raden Dhiya Mardiyani menautkan gambar tumpukan beras dengan label bantuan sosial. Informasi dalam narasi itu, beras diberikan intel Polri yang mendatangi pesantren dengan dimintai pernyataan sikap tentang Rizieq Syihab.

”Beredar Operasi Intelegen. Bismillah alhamdulillah atas pertolongan Allah, barusan ada INTEL Polri datang 3 orang ke Pesantren bawa bantuan beras cerita bla bla bla sedorkan selembar kertas minta tanda tangan dan pernyataan sikap tentang HaeR3S dividiokan tp ana menolak.” Begitu keterangannya pada 15 Desember 2020. (bit.do/OperasiInteligen)

Di Twitter, foto dengan narasi yang sama tersebar luas. Contohnya, pemilik akun @daudbagol yang me-retweet cuitan dari @umaralims pada 14 Desember 2020. Meski tanpa dasar dan sumber yang jelas, banyak netizen yang memercayai informasi tersebut. (bit.do/BesarDariIntel)

Berdasar penelusuran, logo sebuah organisasi di antara lambang TNI dan Polri itu merupakan milik Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Bentuk logo yang mirip dengan perisai dalam kemasan beras itu sama dengan perpaduan warna hijau. Kemiripan desain stiker di beras tersebut tampak dari ulasan milik situs tzuchi.or.id pada 8 Desember 2020.

Dalam ulasan itu disebutkan bahwa Tzu Chi Padang menyerahkan 190 ton beras kepada Polda Sumatera Barat pada Kamis, 3 Desember 2020. Bantuan dari Tzu Chi tersebut ditujukan kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama mereka yang terdampak Covid-19. Saat itu bantuan diterima Kasubbag BMMP Kompol Basrial di Gudang Logistik Polda Sumatera Barat. Anda dapat membacanya di bit.do/190TonBeras.

Ulasan itu memperlihatkan beberapa foto penyerahan beras kepada masyarakat. Bentuk stiker di situ mirip dengan posting-an akun Facebook Raden Dhiya Mardiyani. Artinya, informasi bahwa bantuan tersebut diserahkan intel dan disuruh menuliskan sikap tentang Rizieq Syihab adalah tidak benar dan menyesatkan.

Portal berita jawapos.com juga sempat memberitakan kegiatan penyerahan bantuan soaial itu. Judulnya, Buddha Tzu Chi Sumbang Beras 5 Ribu Ton untuk Bantu Masyarakat. Berita yang terbit pada 24 November 2020 itu juga memperlihatkan model beras yang sama, dengan logo TNI dan Polri yang mengapit logo yayasan Buddha Tzu Chi.

Baca Juga: Gara-gara Syarat Rapid Antigen, Refund Tiket Tembus Rp 317 Miliar

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menyumbang beras sebanyak 5.000 ton yang disebar ke seluruh Indonesia. Sumbangan beras disalurkan melalui 34 kepolisian daerah (Polda). Pengusaha beras asal Sragen Billy Haryanto mengatakan, Buddha Tzu Chi juga bakal memberi bantuan bahan pokok lain seperti minyak, gula, dan lain-lain yang disalurkan melalui Polda di 34 provinsi se-Indonesia. Anda dapat membacanya di bit.do/BantuanCovid

FAKTA

Bantuan beras dengan logo TNI, Polri, dan Yayasan Buddha Tzu Chi disalurkan untuk masyarakat terdampak Covid-19. Bukan merupakan operasi intelijen.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c13/fal


Close Ads