alexametrics

Awas Hoax! Fotografer Menangis Tak Terkait Al Aqsa

20 Mei 2021, 05:48:48 WIB

SEORANG jurnalis fotografi menangis saat menangkap gambar Masjid Al Aqsa di Palestina.” Begitu keterangan yang diunggah akun Facebook Islamic Page pada 11 Mei 2021. Informasi itu disertai kolase empat foto. Tiga foto di antaranya menunjukkan seorang fotografer yang sedang menangis. Satu foto lagi memperlihatkan halaman sebuah bangunan yang dijaga petugas dan banyak pecahan batu.

Tidak sedikit netizen yang mengunggah dan menyebar ulang kolase foto tersebut. Bukan hanya di Facebook, tetapi juga di berbagai platform media sosial dan dalam berbagai bahasa (http://bit.ly/FotograferMenangis).

Jika dicermati, ada satu keanehan dalam kolase foto itu. Yakni, pakaian yang dikenakan sang fotografer. Dia tampak memakai rompi oranye plus tali kalung berwarna pita biru yang biasanya menjadi tanda pengenal untuk acara-acara tertentu. Sangat berbeda dengan pakaian fotografer atau kamerawan di medan konflik bersenjata yang kerap menggunakan pengaman.

Hasil penelusuran di situs padanan gambar menunjukkan bahwa foto pertama yang memperlihatkan fotografer memakai topi terbalik itu berada di momen pertandingan sepak bola AFC Asian Cup di Uni Emirat Arab (UEA). Dia adalah fotografer asal Iraq yang menyaksikan kekalahan timnya dari Qatar di babak 16 besar.

”Momen emosional bagi seorang fotografer Irak selama pertandingan babak 16 besar melawan…….” Begitu keterangan foto yang diunggah akun Twitter @afcasiancup pada 24 Januari 2019 saat perhelatan AFC Asian Cup di UEA pada 2019. Anda dapat melihatnya di http://bit.ly/FotoAFC2019.

Dua foto wajah lainnya diyakini sebagai orang yang sama. Foto itu pernah diunggah akun Twitter @Football__Tweet pada 18 Januari 2019 disertai keterangan bahwa dia adalah fotografer Iraq yang mengabadikan momen negaranya tersingkir dari Piala Asia (http://bit.ly/IrakTersingkir2019).

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c14/fat

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads