alexametrics

Polisi Meninggal karena Kecelakaan, Bukan Bentrok saat Demonstrasi

20 April 2022, 05:48:34 WIB

DEMO mahasiswa 11 April lalu rupanya masih menyisakan banyak kabar palsu. Contohnya informasi yang menyebar menggunakan capture kiriman Twitter. Katanya, ada salah satu anggota kepolisian yang meninggal dunia saat mengamankan demo di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

”Bulan Ramadhan Berduka. #InnalillahiWainnailaihiRojiun

#TangkapPendemoRusuh #StopRadikalisme,” tulis akun Facebook Aliansi Anti Radikalisme Indonesia pada 12 April 2022. Akun tersebut juga menyertakan capture ucapan belasungkawa.

”Beliau gugur dalam pengamanan Demo Kendari. Apakah @KomnasHAM mau mengutuk pelaku demo itu? Atau untuk polisi tidak ada HAM?” bunyi keterangannya. Capture tersebut menunjukkan nama Imam Agus Husein, alumnus Akpol berpangkat ipda (bit.ly/PamDemoKendari).

Informasi itu janggal. Pasalnya, tak ada informasi resmi penyebab kematian perwira polisi tersebut. Hanya menyebar melalui akun medsos yang mengabarkan kematian perwira itu akibat mengamankan demonstrasi. Seperti akun Twitter dari @Dennysiregar7 yang menulis soal kematian perwira polisi tersebut. Nah, Anda bisa melihat kiriman akun Facebook Oks Orthoniadus Enudhie di bit.ly/CaptureAsal.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divhumas Polri Kombespol Gatot Repli Handoko menegaskan, kabar Ipda Imam Agus Husein meninggal akibat bentrokan itu hoax. ”Hoax ya. Meninggal karena kecelakaan di mobil rantis,” ujarnya kepada Jawa Pos Senin (18/4). Mantan Kabidhumas Polda Jatim itu menyebutkan, saat perjalanan, Ipda Imam terkena pintu kendaraan mobil taktis Barracuda dan mengenai dada.

Informasi tersebut juga diulas jawapos.com. Judul berita itu ”Polri Berduka, Ipda Imam Agus Husain Meninggal Dunia, Polisi: Bukan karena Demo, tapi Kecelakaan”.

Kabidhumas Polda Sultra Kombespol Ferry Walintukan menjelaskan, perwira Brimob Polda Sultra tersebut meninggal karena kecelakaan. Bukan karena bentrokan demonstrasi. ”Bukan karena demo, tapi karena kecelakaan. Tidak ada hubungannya dengan demo,” katanya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/jun

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads