alexametrics

Hoax Elang Sambar Drone Milik Israel di Gaza

20 Maret 2021, 05:48:06 WIB

FOTO epic elang mencengkeram drone di angkasa menyebar di media sosial beberapa hari terakhir. Narasinya pun mengundang penasaran. Katanya, burung pemangsa itu menangkap drone milik Israel yang terbang rendah di langit Palestina.

”Masya Allah… Amazing… Drone pengintai Israel terbang rendah di atas langit Gaza, Palestina… Hadir pertolongan Allah, drone ditangkap elang. Kita berharap semua manusia menyaksikannya,” tulis akun Facebook Tiara Agnessya pada16 Maret 2021 (bit.do/DroneIsrael).

Foto elang mencengkeram drone itu di-capture dari unggahan netizen yang dilengkapi narasi dalam bahasa Arab. Mungkin karena itulah, netizen Indonesia banyak yang percaya bahwa elang tersebut menangkap drone milik Israel di Gaza, Palestina. Padahal, narasi itu keliru.

Foto yang sama pernah diunggah portal penyedia foto Getty Images. Momen langka tersebut dijepret fotografer AFP Koen Van Weel pada Maret 2016. Keterangan foto itu menyebutkan, seekor elang milik perusahaan Guard From Above beraksi pada sesi latihan kepolisian di Katwijk, 7 Maret 2016. Katwijk merupakan gemeente atau kotamadya di Belanda yang terletak di Provinsi Zuid Holland. Anda dapat melihatnya di bit.do/DiBelanda.

Elang yang menangkap drone itu memang dilatih untuk menjaga keamanan udara. Situs Guard From Above dalam videonya memperlihatkan aksi elang menjatuhkan drone. Guard From Above merupakan perusahaan pertama di dunia yang menggunakan burung pemangsa untuk mencegat drone musuh.

Perusahaan di Belanda itu sudah 27 tahun melatih elang menghadapi ancaman drone. Mereka juga membuka jasa untuk membantu warga dan siapa pun yang ingin menjaga aset dari intaian drone ilegal. Anda dapat membacanya di bit.do/PerusahaanPelatihElang.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c13/fat




Close Ads