alexametrics

Crane Ambruk di Wuhan Dikira Jembatan Roboh

19 Juni 2020, 04:04:29 WIB

KABAR palsu tentang Kota Wuhan, Tiongkok, selalu saja cepat menyebar. Tak hanya terkait virus korona, konstruksi bangunan yang roboh pun bikin heboh. Bahkan, ada yang usil mengaitkan kabar itu dengan kualitas barang-barang produksi Tiongkok.

Kabar tersebut dilengkapi video detik-detik robohnya sebuah crane besar yang menimpa banyak pengguna jalan. Salah satu yang membagikan ulang video itu adalah akun Facebook Arinta S P Lenggono. ”Jam 09.00 Kemarin jembatan di Wuhan Wuchan Heping Avenue tiba2 runtuh. Korban belum jelas!,” bunyi keterangan yang dia tulis pada 14 Juni 2020 (bit.ly/TerjadiSabtu).

Video berdurasi tidak lebih dari semenit tersebut diawali peristiwa robohnya sebuah crane dan sebuah konstruksi baja ke arah jalan. Tampak beberapa korban terjepit di dalam mobil. Ada juga tayangan dari atas. Namun, jembatan yang ada dalam video itu masih tampak berdiri kukuh. Artinya, aneh kalau video tersebut diberi narasi sebagai jembatan roboh.

Memanfaatkan situs padanan gambar, video yang sama diberitakan portal berita The Sun pada 12 Juni lalu. The Sun juga menyajikan foto-foto jarak dekat tentang reruntuhan konstruksi baja. Dijelaskan, yang roboh itu bukan jembatan, melainkan sebuah crane berukuran besar.

Derek yang ambruk tersebut berada di lokasi pembangunan Pusat Sungai Yangtze CFLD Wuhan. Sesaat sebelum roboh, crane tampak mengangkat sangkar baja yang akan digunakan untuk membentuk konstruksi beton. Penyebab kecelakaan masih belum jelas. Namun, diyakini operator crane tidak terluka.

Menurut Biro Konstruksi Perkotaan dan Pedesaan Wuhan, China Fortune Land Development (CFLD) memang sedang melakukan pengembangan kompleks perumahan seluas 395 hektare yang dikenal sebagai Pusat Sungai Yangtze Wuhan. Lokasinya di tepi sungai terpanjang di Asia itu. Anda bisa membacanya di bit.ly/CraneBukanJembatan.

Portal dailymail.co.uk juga memberitakan peristiwa nahas tersebut pada 9 Juni 2020. Waktu kejadian tertulis Selasa, 9 Juni 2020, pukul 09.30. Dua orang dikabarkan terluka dan dilarikan ke rumah sakit setelah mesin crane yang ikut ambruk menimpa dua mobil di jalan. Anda dapat melihat videonya di bit.ly/DuaOrangTerluka.

FAKTA

Video yang diunggah akun Facebook Arinta S P Lenggono memperlihatkan crane pembawa baja yang roboh, bukan jembatan. Musibah itu terjadi pada Selasa (9/6) pukul 09.30 waktu setempat.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/fat



Close Ads