alexametrics

Jembatan Ambruk di Filipina, Bukan di Samarinda

19 Januari 2022, 05:48:41 WIB

MAYORITAS disinformasi yang beredar di media sosial menggunakan video yang diberi keterangan tidak sesuai. Misalnya, video yang diunggah akun Facebook Abunawas Return. Katanya, sejumlah pejabat tercebur saat peresmian jembatan. Lokasinya berada di Samarinda.

”Peresmian jembatan di samarinda Dan sedang di uji coba Tiba” byuuuuuuuuuuuurrrrrr inilah hasil proyek kalian, untung bukan rakyat yang jadi korban,’’ begitu keterangannya pada 17 Januari 2022 (bit.ly/JembatanSamarinda).

Potongan video 18 detik itu memperlihatkan serombongan orang tengah berjalan di atas jembatan kayu. Tak berselang lama, saat orang-orang berada di tengah, jembatan itu ambruk. Akibatnya, orang yang tengah berjalan tersebut tercebur ke sungai.

Tidak ada penjelasan resmi tentang ambruknya jembatan tersebut. Terlebih dalam berita-berita kredibel Indonesia, tak ada yang mengabarkan peristiwa itu. Insiden tersebut lebih tepatnya terjadi di luar Indonesia.

Penelusuran pada situs Amnesty International YouTube DataViewer mengarahkan ke kanal YouTube milik GMA News. Judul video itu berbunyi, Government officials fall into the sea in Zamboanga City. Nah, tentu Zamboanga bukanlah kota di Indonesia. Melainkan sebuah kota di Filipina. Insiden yang membuat pejabat pemerintah setempat terjerembap dalam sungai itu terjadi pada 26 April 2018. Dengan demikian, jelas video tersebut bukan di Samarinda. Anda dapat melihatnya di bit.ly/KejadianFilipina2018.

Penelusuran lainnya, portal berita CNN Philippines juga mengulas insiden tersebut. Nah, turut serta dalam insiden itu Wali Kota Zamboanga Beng Climaco. Dalam kejadian tersebut, dia menyalahkan Otoritas Perumahan Nasional (NHA) atas kecelakaan jembatan di lokasi perumahan itu. Climaco mengatakan, apa yang terjadi pada mereka bukan satu-satunya kecelakaan di kawasan perumahan. ’’Beberapa menit kemudian, jembatan lain jatuh di lokasi yang sama,’’ jelasnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c6/jun

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads