alexametrics

Blog Clickbait Pelintir Pernyataan Sandiaga

18 Oktober 2019, 15:09:18 WIB

JawaPos.com – Sandiaga Salahuddin Uno kembali menjadi perbincangan. Apalagi ketika merespons peluang dirinya sebagai menteri. Mantan Wagub DKI Jakarta tersebut menyatakan lebih siap menjadi mitra kritis pemerintahan. Namun, pernyataan itu dipelintir pembuat hoax dengan menyebut Sandi menolak posisi menteri lantaran enggan menjadi kacung.

Informasi yang bersumber dari blog clickbait itu beredar di berbagai grup Facebook. Salah satu yang menyebar tautan itu adalah pemilik akun Faza Mayaza (fb.com/endog999). “Mantab Bang Sandi,” tulis Faza sembari membagikan ulang unggahan milik Rifza Agus Tiana (fb.com/nuri.ailasaraswati).

Unggahan Rifza Agus berbentuk berita yang bersumber dari acktuall.blogspot.com. Judulnya Tolak Jabatan Menteri, Sandiaga: Lebih Baik Pengangguran Daripada Jadi Kacungnya Rezim. Namun, saat membaca isi beritanya, ternyata sama sekali tidak ada ucapan Sandiaga yang menyebut kacung dan rezim. Dua kata itu hanya ada dalam judul.

Berdasar penelusuran, berita tentang Sandiaga yang diunggah acktuall.blogspot.com ternyata mencuri dari portal berita news.detik.com. Versi aslinya berjudul Lagi, Sandiaga Tegaskan Tak Mau Jadi Menteri Jokowi. Berita yang terbit 14 Oktober 2019 itu menjelaskan respons Sandiaga terhadap isu bahwa dirinya menjadi kandidat menteri pada periode kedua pemerintahan Jokowi.

’’Saya bersedia untuk memberikan masukan dari luar pemerintahan menyampaikan hal-hal yang seperti pil pahit,’’ ucap Sandiaga. Anda bisa membaca selengkapnya di bit.ly/SikapSandiaga.

JawaPos.com juga memberitakan sikap pria kelahiran Pekanbaru, Riau, itu. Judul berita yang terbit 15 Oktober tersebut berbunyi Tegas di Garis Oposisi, Sandiaga Uno Gabung Lagi ke Gerindra. Sikap dalam garis oposisi itu disampaikan juru bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak.

Mantan ketua umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah itu mengatakan bahwa komitmen Sandi setelah pilpres jelas. Yakni, menjadi oposisi supaya bisa mengawasi jalannya pemerintahan ke depan. “Bang Sandi secara resmi sudah menyatakan bahwa beliau tidak bersedia berada di dalam pemerintahan. Fokus di gerakan politik,” ungkapnya. Anda bisa membaca berita itu di bit.ly/GarisOposisi.

FAKTA

Judul berita tentang Sandiaga Uno yang diunggah situs acktuall.blogspot.com murni pelintiran. Mencomot dari portal detik.com, kemudian mengubah judulnya agar lebih provokatif.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c19/fat



Close Ads