alexametrics

Miris, Cari Simpati Anies Baswedan, Malah Sebar Hoax

18 September 2019, 20:55:25 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI DKI Jakarta Anies Baswedan kerap menjadi sasaran hoax. Ada yang memfitnah, ada juga yang terkesan bersimpati. Namun, keduanya tetap saja menyesatkan.

Misalnya kegiatan Anies bersama anak yatim yang dikatakan hanya diliput satu media. Salah satu warganet yang termakan kabar palsu itu adalah pemilik akun Facebook Ian Hadi. ”Pak Anies Baswedan (Gubernur Indonesia) piknik bersama anak yatim dan duafha. Hanya diliput satu media. Hebat ya,” tulis Hadi pada 16 September 2019.

Kabar tersebut juga beredar dengan sebuah tautan blog mediavalid.online. Judulnya, Anies Piknik Bersama 5200 Anak Yatim dan Dhuafa, Cuma Diliput 1 Media. Faktanya, klaim hanya diliput satu media itu salah. Banyak media online yang memberitakan aktivitas orang nomor satu DKI Jakarta tersebut. Misalnya, news.detik.com dan megapolitan.kompas.com.

Portal rmoljakarta.com juga memberitakan kegiatan tersebut. Disebutkan, Anies hadir sekaligus membuka acara Lebaran Anak Yatim dan Program Berbagi Piring di Pantai Lagoon, Ancol, Jakarta Utara. Acara yang digelar dalam rangka peringatan Tahun Baru Islam itu melibatkan 5.200 anak yatim dari berbagai agama dan suku. Anda bisa membaca berita yang terbit pada 14 September itu di bit.ly/5200AnakYatim.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c11/fat



Close Ads