alexametrics

Tuding Obama Dalang Pandemi Covid-19

18 Juli 2020, 05:05:08 WIB

MANTAN Presiden Amerika Serikat Barack Obama ternyata juga menjadi sasaran hoax tentang Covid-19. Di media sosial, beredar foto Obama bersama seseorang yang disebut sebagai Melinda Gates di Laboratorium Wuhan, Tiongkok. Keduanya lantas dituding sebagai orang paling bertanggung jawab atas pandemi Covid-19.

”OBAMA MELINDA GATES FAUCI IN THE WUHAN LABORATORY!! These are the individual really responsible for the planned release of COVID-19!” tulis akun Twitter Gary Key pada 15 Juli 2020 (bit.ly/DalangCovid).

Dalam foto itu, tampak Obama bercengkerama dengan seorang perempuan yang mengenakan jas putih, khas jas laboratorium. Kemudian di belakang Obama ada dua orang yang tampak memperhatikan obrolan keduanya. Namun, kalau diperhatikan lebih teliti, perempuan berjas putih itu sama sekali tidak mirip dengan istri Bill Gates, Melinda Ann Gates.

Memanfaatkan situs padanan gambar, foto itu ternyata sama sekali tidak memiliki kaitan dengan virus korona jenis baru atau Covid-19. Foto yang diabadikan pada 2014 tersebut berkaitan dengan penelitian virus ebola.

Jawa Pos menemukan foto itu pernah diunggah blog milik directorsblog.nih.gov pada 2 Desember 2014. Melengkapi berita berjudul President’s Visit to NIH Highlights Research on Ebola. Selain Obama, di dalam foto itu terdapat Dr Nancy Sullivan (mengenakan jas putih) dari Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular (NIAID). Kemudian ada Direktur NIAID Dr Anthony Fauci dan Sekretaris HHS Sylvia Burwelli.

Waktu itu, Obama berkunjung ke National Institutes of Health (NIH) untuk meninjau secara langsung kemajuan penelitian biomedis terhadap virus ebola. Dalam kunjungan itu, Obama menekankan agar penelitian tentang ebola bisa segera mengakhiri wabah yang pernah membuat geger dunia pada 2014–2016 itu. Anda bisa membacanya di bit.ly/FotoLawas2014.

Foto yang sama pernah dipublikasikan situs penyedia foto berbasis di Seattle, Washington, Amerika Serikat, Getty Images. Peristiwa tersebut diabadikan Alex Wong dan diunggah pada 2 Desember 2014.

Keterangan foto dari Getty Images menyebutkan, kunjungan Obama sebagai presiden AS ke Pusat Penelitian Vaksin National Institutes of Health, Bethesda, Maryland, ditujukan untuk membahas perang yang sedang berlangsung. Yakni, perang melawan virus ebola. Anda bisa melihatnya di bit.ly/PerangMelawanEbola.

FAKTA

Barack Obama dalam foto itu bukan berada di Laboratorium Wuhan. Melainkan di Pusat Penelitian Vaksin National Institutes of Health (NIH), Maryland, AS, pada 2014. Obama membahas penelitian tentang virus ebola bersama Dr Nancy Sullivan, bukan bersama Melinda Gates.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c7/fat



Close Ads