alexametrics

Ini Bukan Foto Peti Jenazah Eril yang Tiba di Tanah Air

18 Juni 2022, 05:48:52 WIB

PROSESI pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz memang telah usai. Namun, hoax tentang putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu masih banyak dijumpai di media sosial. Salah satunya, akun Facebook Keluarga Bahagia.

”Kabarnya Jenazah Alm Eril Akan Tiba Di Tanah Air Tepat Hari Minggu Dini Hari diwaktu Pagi. Dan Viral Nampak sebuah Akun TT Telah mendokumentasikan sebuah proses pengangkatan jenazahnya Cek Selengkapnya bit.ly/3aViDn0,’’ tulis akun tersebut pada 12 Juni 2022.

Posting-an yang sudah dibagikan 77 kali itu turut disertai sebuah gambar. Nah, gambar tersebut menunjukkan seorang petugas maskapai yang tengah membawa peti jenazah di atas troli barang. ”Jenazah Eril Toba di Soekarno Hatta,’’ begitu keterangannya (bit.ly/TibaDiBandara).

Situasi pada gambar akun Facebook Keluarga Bahagia itu tak seperti pemberitaan dari media kredibel. Sebab, pada pemberitaan yang beredar ada prosesi sambut kedatangan jenazah Eril, sapaan Emmeril Kahn Mumtadz.

Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara memvisualkan situasi yang berbeda dengan akun Keluarga Bahagia. Fotografer LKBN Antara Muhammad Iqbal menggambarkan situasi yang khidmat sekaligus resmi. Tampak kain penutup peti jenazah berwarna putih.

Sedangkan akun Facebook Keluarga Bahagia menampilkan sebuah peti dengan penutup berwarna biru. Bahkan, ada prosesi penghormatan terakhir oleh beberapa petugas keamanan setelah peti jenazah diturunkan dari pesawat Qatar Airways.

”Petugas Avsec dan Pemadam Kebakaran PT Angkasa Pura II memberikan penghormatan kepada jenazah Emmeril Kahn Mumtadz, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, setibanya dari Swiss di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (12/6/2022),’’ begitu penggalan keterangan foto dari LKBN Antara. Anda dapat melihatnya di bit.ly/BedaWarnaKain.

Nah, capture foto petugas maskapai membawa jenazah itu, berdasar penelusuran dengan situs padanan gambar Yandex, mengarahkan Jawa Pos pada posting-an YouTube yang sudah diunggah pada April silam. Judulnya berbunyi, Lindungi Peti Jenazah agar Tidak Terkena Sinar Matahari di Bandara, Petugas Ini Tuai Pujian Netizen.

Video itu diunggah pada 5 April 2022. Video tersebut kali pertama diunggah oleh akun TikTok @/theawanindra yang merupakan salah satu kabin kru dari salah satu maskapai di Indonesia.

Kondisi cuaca saat itu tampak terik. Petugas berbaju oranye tersebut lalu menarik troli besar yang berisi jenazah itu ke bagian bawah sayap pesawat agar terlindung dari terik matahari yang menyengat. Anda dapat melihat video dari kanal Pikiran Rakyat di bit.ly/Video042022. (zam/c6/jun)

FAKTA

Foto menunjukkan petugas maskapai sedang memindahkan peti jenazah dari terik matahari. Video itu diunggah pada April 2022. Sama sekali tidak terkait putra Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil.

Editor : Dhimas Ginanjar

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads