alexametrics

Anies Jadi Pembicara, Bukan Terima Penghargaan

18 Juni 2020, 04:04:09 WIB

ANIES Baswedan kembali jadi bahan hoax. Gubernur DKI Jakarta itu dikabarkan menerima penghargaan internasional atas prestasinya dalam menangani dan menekan persebaran Covid-19. Informasi tersebut dilengkapi video pertemuan virtual para pemimpin daerah dari berbagai negara.

”Untung Indonesia masih ada Pak Anies. Terima kasih pak Anies…telah menunjukkan dunia bahwa Indonesia khususnya Jakarta punya prestasi dalam menangani covid-19.” Begitu penggalan narasi yang diunggah akun Facebook Agus Santoso pada 8 Juni lalu.

Video dan narasi serupa diunggah kanal YouTube milik I H C pada 8 Juni 2020. Judulnya berbunyi Gubernur Anies Baswedan Mendapat Penghargaan Internasional sebagai Gubernur Terbaik Menangani Covid-19 (bit.ly/GubTerbaik).

Jika menyimak video tersebut sampai habis, ternyata sama sekali tidak ada pemberian penghargaan internasional untuk Anies. Yang ada, mantan Mendikbud itu diminta berbagi pengalaman kepada para pemimpin kota-kota di dunia tentang penanganan Covid-19 di Jakarta. Utamanya ketika pertambahan kasus positif menurun sejak Mei 2020.

Penelusuran menggunakan situs YouTube Data Viewer Amnesty International mengarahkan Jawa Pos pada kanal milik Seoul City Official. Pada 2 Juni 2020 kanal itu mengunggah versi video yang lebih lengkap dengan judul CAC2020 | Mayoral Meeting |CAC (Cities Against Covid-19) Global Summit.

Pada kolom keterangan dijelaskan, forum tersebut merupakan pertemuan para wali kota pada masa pandemi Covid-19. Para pejabat dari 40 kota di seluruh dunia saling berbagi pengalaman serta membangun solidaritas global dalam menghadapi krisis akibat Covid-19.

Ulasan tentang susunan acara pada pertemuan yang diselenggarakan lima hari, mulai 1 hingga 5 Juni, itu juga sama sekali tidak menyebut sesi penghargaan. Anda dapat melihatnya di bit.ly/JadwalCAC.

Wali Kota Seoul, Korea Selatan, Park Won-soon sebagai tuan rumah memaparkan maksud dari pertemuan itu. Paparan yang ditulis di situs eng.cac2020.or.kr tersebut menjelaskan, dalam kondisi kritis, solidaritas dan kerja sama global lebih penting daripada sebelumnya. Hal itu yang membuat Kota Seoul menjadi tuan rumah KTT Global City Against Covid-19 2020: Together We Stand.

Akun Instagram milik Anies Baswedan mengunggah cuplikan pertemuan tersebut pada 6 Juni 2020. Dalam pertemuan 40 pemimpin daerah dari seluruh dunia itu, Anies menjadi salah satu di antara empat pembicara. Yang lain adalah Wali Kota London Sadiq Khan, Gubernur Maryland Larry Hogan, dan Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin. Tidak disebutkan adanya sesi pemberian penghargaan. Anda bisa melihatnya di bit.ly/JadiPembicara.

FAKTA

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi pembicara dalam pertemuan tingkat tinggi virtual CAC 2020 tentang penanganan Covid-19 bersama sejumlah pemimpin kota lainnya. Tidak ada sesi pemberian penghargaan sebagai gubernur terbaik.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/fat



Close Ads